People Innovation Excellence

Pelatihan Fotografi Smartphone di Studio

Pada tanggal 24 November 2023, saya sebagai dosen fotografi berkesempatan memberikan pelatihan seputar fotografi dengan media ponsel atau smartphone. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan bekal pengetahuan tentang keterbatasan dan juga kelebihan dari fotografi dengan smartphone pada sesi pemotretan di studio.

Lokasi pelatihan berada di studio fotografi Universitas Bina Nusantara, Kampus Alam Sutera, Ruangan A202. Dalam latihan ini dilakukan perbandingan hasil pemotretan dengan kamera mirrorless dan hasil pemotretan yang dilakukan menggunakan handphone Iphone 11 Pro Max. Subyek foto adalah model perempuan dengan pemotretan sesi pertama menggunakan kamera ditambah dengan beberapa lampu flash Broncolor Siros, sementara sesi kedua diisi dengan pemotretan model menggunakan lampu modelling light dari Broncolor Siros (No Flash) dan hasil foto dibuat menggunakan kamera portrait perbesaran 2x lipat yang terdapat pada Iphone 11 Pro Max (setara lensa 50mm pada ukuran sensor kamera 35mm).

Berikut adalah contoh hasilnya :

Hasil foto dengan kamera setelah proses editing

Hasil foto dengan Iphone sebelum proses editing

Hasil foto dengan Iphone setelah proses editing

Berdasarkan hasil diatas, secara garis besar Iphone dapat melakukan proses fotografi tanpa lampu flash, walaupun apabila diperbesar hasilnya tidak setajam kamera mirrorless. Dari sini dapat disimpulkan bahwa dengan memahami kekurangan smartphone kita tanpa memaksakan proses fotografi yang lebih mutakhir, smartphone dapat melakukan proses fotografi dengan sangat baik, terutama apabila hasilnya adalah untuk kebutuhan yang tidak memerlukan resolusi tinggi, seperti sosial media dan cetak ukuran kecil.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close