People Innovation Excellence

Inacade 2021

INACADE2021 (International Academic on Contemporary Art & Design Exhibition)

International Academic on Contemporary Art and Design Exhibition (INACADE) adalah pameran seni rupa dan desain kontemporer dalam lingkup akademik berskala internasional yang diprakarsai oleh School of Design Binus University.

INACADE menjadi ruang temu dan dialog beragam gagasan dan karya seni dan desain berbasis eksperimen-eksperimen akademik dari berbagai negara. Kegiatan ini diikuti oleh para pengajar (akademisi) bidang seni rupa dan desain dan akan meliputi pameran karya visual, presentasi karya, dan diskusi.

INACADE diselengarakan setiap tahun dan bertujuan untuk menggali dan mengangkat kearifan local dan menuangkannya melalui karya-karya seni visual kontemporer yang meliputi karya desain grafis, fotografi, ilustrasi, tipografi, furniture, 3D arts, video, motion graphic, animasi, dan sebagainya.

Theme: NEW SPACE

Dalam satu tahun ini kita terlelap dalam pandemi. Waktu berjalan cepat hingga sulit untuk dideteksi implikasi perubahan yang terjadi. Kita terhenyak ketika revolusi 4.0 yang belum kita pahami secara utuh merubah dirinya menjadi revolusi 4.5 bahkan 5.0 secara cepat dan masif. Manusia tidak hanya meretas jaringan data dalam bentuk IoT, AI untuk menjalankan kekuatan dunia. Keinginan untuk meretas dirinya sendiri dalam bentuk Synthetic Biology akan menjadikan manusia secara biologikal terhubung dengan jaringan data dan mesin. Kita juga terhenyak ketika ruang virtual menjadi jalan para globalis menjadi penguasa dunia, Google, Microsoft dan Amazon contohnya. Penghimpun kapital-kapital besar berskala kecil muncul di ruang media sosial dengan konten kreatifnya.

Kehidupan sosial yang kita jalani telah diretas sedemikian rupa tanpa kita sadar proses dan pelakunya. Di sisi lain peta geopolitik dunia bergeliat tajam. Munculnya poros kekuatan ekonomi Asia dengan dihidupkannya jalur sutra modern melalui Belt and Road Initiative. Kesadaran negara-negara oceanik dan pemilik mineral vital untuk menaikkan daya tawarnya. Belum lagi isu Climate Change dan keberlangsungan hidup umat manusia menjadi tantangan global dalam peta inovasi. Paparan visual planet mars hingga ekspedisi New Horizon berhasil mendekati Pluto, menunjukkan imajinasi penguasaan lahan akan populasi manusia terus digiatkan. Inovasi-inovasi baru juga tercetus dalam rangka menjaga keberlangsungan hidup planet kita (survival planet). Sengkarut perubahan yang terjadi, meletakkan kita sebagai produsen kreatif dalam ruang hampa untuk ikut masuk atau terpuruk dalam perubahan.

Zaman bergerak sangat cepat merubah tata aturan yang telah kita pahami. Banyak hal baru yang masuk dalam kehidupan kita tanpa kita sadari dan tidak kita pahami. Perubahan besar yang terjadi butuh sarana dalam menjalankannya. Inovasi-inovasi baru dibutuhkan sebagai jembatan zaman. Setiap disiplin memiliki tanggung jawab mengisi sarana ke dalam ruang-ruang baru yang masih susah untuk dipahami.

Perhelatan artistik INACADE 2021 “New Space” ini mengajak produsen kreasi, baik desain maupun beragam seni visual lain untuk ikut menjelajah dalam memberikan tawaran baru yang tidak terpikirkan baik konseptual, pengembangan medium dan lainnya sebagai solusi zaman baru.

“New Space” adalah tawaran baru wacana kreatif dalam menggali dan mengeksplorasi medium-medium artistik konvensional dalam menjelajah kemungkinan zaman yang belum terpetakan. Ruang-ruang hampa bagi Neo avangardism untuk tampil menjelajah dan menggelar gagasan artistik mengisi puzel imajinasi masyarakat global yang dibangun dari kearifan lokal maupun gagasan kreatif yang benar-benar baru tanpa batas.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close