People Innovation Excellence
 

Desainer, Seni, Poster dan Pandemi Bagian 01

Berkesenian adalah cara yang ekspresif dalam rangka turut merasakan berbagai peristiwa dan berbagai permasalaan dimana pun di planet ini. Menjalankan pekerjaan seni, memudahkan menyampaikan pesan secara lebih menarik dan nyaman. Inilah yang saya sebut dengan orientasi kemanfaatan dalam kesenian.

Seorang pengajar di dunia seni dan kreatif, adalah seorang “model”, dia harus menampilkan karya-karya untuk bisa dinikmati dan juga bisa diambil manfaatnya. Bagi saya yang mengajar di creative advertising eksistensi berkarya adalah hal yang sangat penting, sebelum menyampaikan materi ajar kepada mahasiswa. Setidaknya hal inilah yang seharusnya tertanam menjadi budaya pembelajaran bersama para dosen di School of Design, Binus University, Jakarta. Indonesia.

Kepekaan dan empati terhadap permasalahan kemanusiaan dan lingkungan serta berbagai ketimpangan sosial menjadi motor penggerak para desainer dan seniman di seluruh dunia untuk mengungkapkan, turut merasakan dan menyampaikan pesan kebaikan melalui berbagai platform media. Salah satu dari sekian banyak media itu adalah poster. Poster memiliki karakter yang kuat dalam menyampaikan pesan. Sangat atraktif, simple dan bisa memuat pesan bervariasi, sehingga mampu menjangkau berbagai kalangan di lintas bahasa dan budaya. Gaya bahasa dalam poster disampaikan dengan beragam majas. Dari yang lugas sederhana, metaforis analogis hingga abstract. Semua tersaji sesuai audiens yang dituju.

Benang merah yang terdapat pada poster di seluruh dunia adalah unversalitas visual. Sedang secara verbal sangat disesuaikan dimana poster tersebut disebar. Bahasa visual seperti menjadi alat pemersatu antar bangsa dengan berbagai latar belakang. Bahasa visual menjadi pemandu bahasa dan penerjemah dari pokok pikiran desainer di berbagai belahan dunia. Pada poster bahasa visual ini di tuangkan melalui gagasan dan disampaikan dengan elemen-elemen khas sesuai dengan budaya yang melingkupi desainernya. Kampanye yang diselenggarakan penggiat poster di seluruh dunia setidaknya telah mengumpulkan gagasan dan kepedulian desainer di seluruh dunia dalam mengambil peran mewakili, persaan, empati dan reaksi mereka dalam berbagai kebijakan, ketimpangan, penjajahan, pencemaran dan kerusakan lingkungan, pergolakan politik hingga bencana dan pandemic seperti yang terjadi saat ini.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close