People Innovation Excellence
 

Me”Retro”kan Fotografi Dengan Filter Lensa

Fotografi bertema vintage sedang mengalami kenaikan akhir-akhir ini. Bertolak belakang dengan produsen kamera yang meningkatkan spesifikasi kamera agar hasil foto mendekati kesempurnaan secara teknis (mis. Tajam, warna akurat, dll),  para fotografer justru banyak yang melakukan pendekatan bertema retro terhadap hasil fotonya.

Fotografi pada tahun 1980an sampai 1990an yang dapat terlihat jadul di mata kita justru menjadi primadona baru dalam industri. Efek seperti soft focus, starlight, dll banyak dijumpai pada hasil foto sekarang ini. Belum diteliti mengapa tren kesenian banyak yang beralih kepada tema retro, seperti pada design dan musik, tetapi dengan kecanggihan teknologi, saat ini justru ketidaksempurnaan hasil foto menjadi daya tarik tersendiri dibandingkan dengan hasil foto yang serba sempurna secara teknis.

Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa contoh aplikasi efek retro menggunakan alat yang bernama filter lensa. Biasanya filter lensa berfungsi sebagai pelindung agar bagian depan lensa tidak rusak, tetapi sebenarnya ada banyak kegunaan lain yang menarik untuk disimak. Contohnya:

 

Aplikasi star filter Tiffen (pinterest) :

Aplikasi soft filter LEE (petapixel) :

Aplikasi centre spot filter (mtu. Edu)

 

 

 

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close