People Innovation Excellence
 

Tugas Fotografi di Tengah Pandemi

Dalam beberapa tahun karir saya sebagai dosen, situasi seperti pandemi COVID 19 adalah suatu hal yang tidak dapat saya antisipasi dengan segera. Mahasiswa diharuskan belajar dari rumah masing-masing, dan dosen pun harus memutar otak agar anak-anak dapat mengerjakan tugas tanpa terbebani situasi yang ada.

Saya selalu beranggapan bahwa tugas fotografi secara basic, mau tidak mau harus dilakukan dengan cara berlatih sedapat mungkin diluar rumah. Akan tetapi tentu saja hal ini tidak dapat dilakukan dengan kondisi yang ada. Ada beberapa solusi yang saya pikirkan, salah satunya adalah dengan membiarkan mahasiswa  mencari tema sendiri untuk dapat memotret di rumah masing-masing. Setelah PSBB memasuki masa transisi, saya memberikan tema COVID sebagai bagian dari tugas mereka, dan beberapa diantaranya memberanikan dirinya untuk keluar dari rumah dan memotret beberapa keadaan yang bernilai tinggi secara jurnalistik, tentunya dengan tetap saya ingatkan bahwa protokol kesehatan harus dijaga apabila ingin keluar dari rumah. Seperti kehidupan transportasi, manusia, maupun tempat tinggal yang sudah terlihat berbeda semenjak negara Indonesia terkena krisis COVID 19.

Hasil-hasilnya dapat dilihat melalui foto-foto karya mahasiswa kelas LZ32 pada tahun 2020 ini. Sebuah kehidupan yang berbeda dari masa sebelum pandemi dan dapat ditangkap dengan baik oleh mereka, sehingga bisa membuka mata kita mengenai keadaan yang sebenarnya pada saat ini. Beberapa foto ini dapat dibilang sebagai foto dengan kategori street photography, yang masih merupakan bagian dari foto jurnalistik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close