People Innovation Excellence
 

Suplemen yang hilang

Beberapa tahun lalu, di Creative Advertising Binus matakuliah fotografi hingga tiga semester (fotografi 1,2&3). Fotografi 2 materinya berisi suplemen Pra-produksi pemotretan. Mempersiapkan properti, setting, makeup, makeup (effect) hingga wardrobe.

Sekarang ini matakuliah fotografi hanya tersisa 2 semester saja karena perubahan kurikulum di internal CA. Materi pra-produksi tetap diajarkan, tetapi tidak menyertakan materi suplemen seperti make up effect.

Fakta di lapangan sejatinya ada dua kemungkinan yang nantinya akan dialami mahasiswa. Pertama, disiplin yang bersifat suplemen tersebut sudah ditangani profesional yang mengkhususkan diri di bidangnya bukan fotografer. Kedua, dalam sekala projek kecil atau personal, terkadang mereka melakukan tugas tersebut untuk menghemat budget (itupun kalau bisa). Meskipun nantinya mereka bertemu dengan kasus pertama di atas, akan lebih baik kalau mereka mengerti proses dan bahan yang digunakan. Disamping itu mereka akan terpicu untuk mengembangkan kreativitasnya lebih liar melalui pemahaman materi suplemen tersebut. Perlu kita ingat bahwa praktik fotografi tidak berhenti pada faktor teknikal semata tetapi yang lebih penting adalah kemampuan membangun konsep kreatif dengan matang.

Kadang masih merasa kehilangan materi suplemen tersebut (sayang). Kegairahan dan keseruan mahasiswa di kelas untuk mengikuti materi tersebut masih terbayang jelas hingga kini. Belum lagi proses asistensi tugasnya yang penuh dengan tawaran2 konsep mengejutkan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close