People Innovation Excellence
 

Ceruk Digital Photography Melalui Art Poster

(Art Poster, merayakan media yang tersisih fungsi)

Karya fotografi digital “Bedhaya Erowati Sap Pitu” dalam pameran Art Poster

di Iang Gallery, Seoul, Korea, 3-16 April 2019

Poster pada masanya merupakan media komunikasi visual yang cukup efektif. Banyak kita jumpai poster2 perang dunia II yang melegenda. Sebelum era jejaring sosial dan digital, poster salah satu media above-the-line produk komersil. Banyak kita temui poster jualan produk seperti shampoo, sabun, rokok dll bertebaran di tempat2 setrategis.

Setelah peran poster konvensional yang bersifat analog menurun, memunculkan genre baru yang disebut Art Poster. Kaidah2 argonomika komunikasi sudah tidak lagi digunakan. Poster diwadahi dalam tema besar, dengan ekspresi personal yang kuat dari pembuatnya. Dari applaied menjadi pure art melalu bingkai media yang tersisih tersebut. Menghadirkan fungsi baru dalam sebuah isu besar secara kolektif. Poster tidak bisa lagi berdiri sendiri dalam menyuarakan isu.

Teknologi perekaman dan reproduksi gambar memegang peran penting munculnya produksi grafika terhadap poster. Eksekusi dengan menggunakan ilustrasi merupakan awal poster itu hadir ditengah-tengah masyarakat. Beriring perkembangan teknologi grafika, poster banyak dieksekusi menggunakan medium fotografi. Munculnya Art Poster, penggunaan ilustrasi dengan sentuhan manual yang kuat menjadi primadona. Fotografi hanya digunakan untuk elemen penunjang semata dengan prosentase kecil.

Melalui lahirnya Art Poster sejatinya memberi ceruk positif bagi fotografer untuk ikut merayakannya. Perluasan medium fotografi di art poster tidak hanya menjadi elemen pendukung saja, akan tetapi sanggup mandiri menjadi dirinya. Mari kita rayakan dalam pergulatan cahaya melalui media yang dirayakan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close