People Innovation Excellence
 

Sensitifitas mengenal cahaya buatan

Mengajar fotografi bukan masalah memaparkan teknik semata. Menggali kepekaan akan rasa lebih dominan seharusnya. Tolok ukur kepandaian siswa dalam fotografi tidak diukur dari terampil dan tidaknya mengoperasikan alat foto (karena bukan operator). Pandai dan cerdas menyuguhkan konsep visual itu sangat penting. Contoh kasus yang sering digunakan dalam metode pembelajaran “lighting pattern” dengan menggunakan mannequin. Sekilas metode tersebut tampak mudah bagi pengajar dan siswanya. Belajar jatuhnya cahaya membentuk terang dan gelap sangat mekanistik. Kepekaan terhadap objek manusia yang diwakili mannequin(benda mati) tidak akan mampu menumbuhkan kepekaan siswa. Untuk menghasilkan “Rembrandt pattern” misalnya, pastilah sangat mudah, karena model mannequin berhidung mancung (eropa style). Untuk diterapkan terhadap model sebenarnya(orang indonesia) yang rata2 hidungnya kurang bahkan tidak mancung pastilah sangat susah. Mannequin sebagai benda mati tidak memiliki ekspresi, gerakan dan karakter sehingga siswa tidak memiliki kesempatan untuk melakukan “directing” sesuai konsep visual yang diinginkan. Ketika kita melakukan pemotretan terkonsep terhadap model (orang sebenarnya) “directing” itu sangat dibutuhkan. Meskipun topik “directing” dipelajari secara terpisah, akan lebih baik sensitifitas siswa terhadap objek diajarkan lebih dini. Salam kreatif kawans!

Dibawah ini adalah tugas Three Point Lighting di awal semester fotografi 2 karya: Kauesar – Priscillia – Putri Amanda – Riska – Hans Peter.


Published at :
Written By
Lateevhaq
SCC Visualization & Execution | CA SOD Binus
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close