People Innovation Excellence

Street Photography, apakah itu ?

Street photography adalah salah satu bentuk seni fotografi yang mengutamakan pengambilan foto di ruang publik, seperti jalan-jalan kota, taman, atau area umum lainnya. Fotografer dari genre ini berusaha untuk menangkap momen secara spontan dan menggambarkan kehidupan sehari-hari dengan cara yang asli dan jujur.

Beberapa hal penting dalam street photography adalah pemilihan komposisi, pemanfaatan cahaya natural, dan penekanan pada obyek manusia dan lingkungan sekitarnya. Fotografer jalanan seringkali mencari kejadian unik, ekspresi wajah, atau interaksi menarik antara orang-orang untuk menangkap esensi kehidupan di kota. Di Indonesia, street photography bahkan memiliki sub-genre yaitu human interest yang justru berfokus pada kehidupan yang jarang ditemukan di perkotaan.

Kemampuan fotografer untuk melihat keindahan dalam kehidupan sehari-hari, pengambilan keputusan yang cepat, dan kemampuan menangkap momen tanpa disadari oleh subjek adalah kunci keberhasilan dalam street photography. Selain itu, penggunaan teknik fotografi seperti exposure, bidang ketajaman gambar, shutter speed, dan penggunaan lensa yang sesuai juga merupakan bagian penting dari genre ini. Street photography menciptakan karya yang bisa menjadi dokumentasi visual yang unik (sekaligus estetik) dan menggugah pemirsa untuk merenungkan kehidupan sehari-hari di kota.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close