People Innovation Excellence

Workshop Fotografi Ridha Kusumabrata – PrimaImaging 2023

Ridha Kusumabrata adalah seorang fotografer asal Indonesia yang sudah malang melintang dalam industri fotografi profesional dan berbasis di Jakarta. Profil beliau diambil dari websitenya adalah sebagai berikut :


Pria kelahiran 1966 ini telah melalui perjalanan panjang. Dia telah mengabdikan dirinya untuk karirnya di bidang fotografi dengan penuh kesenangan. Diakui Ridha, berbagai fase telah ia lalui sebagai seorang fotografer. Dimulai secara komersial pada tahun 1992, selama lima tahun pertama, ia fokus mempelajari teknik fotografi. Lima tahun berikutnya, merupakan fase dimana Ridha menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, menjalin hubungan klien dan jaringan mitra, serta cara berpikirnya.

Beberapa klien tempat beliau bekerja adalah Lowe Lintas, Graha Cipta Hadiprana, Grey Indonesia, Bates Indonesia, MACS 909, OgilvyOne, Chuo Senko Indonesia, Interact Carlson, Leo Burnett, H2O, The Body Shop, Pantene, Natur, BASF, Kiani Kertas, Bangun Tjipta Grup, Mambruk Quality Resort, Indovision, La-Z-Boy, Axa Indonesia, Gran Mahakam Hotel, Jakarta Hilton, Hyatt Regency Surabaya, JCC, Edward Hutabarat, Elite Model Indo, Samuel Wattimena, Hermes Indonesia dll. Karya-karyanya Dan kegigihannya memberinya keanggotaan di Persatuan Fotografer Profesional Indonesia pada Juli 1997, kemudian menyelenggarakan pameran fotografi hitam putih pertamanya bersama APPI, pada November 1997.


Dan pada tanggal 16 Desember 2023, saya berkesempatan untuk mengikuti workshop beliau yang berjudul “Profile and Portrait Shot for Family & Corporate” yang diselenggarakan oleh PrimaImaging di lokasi studio mereka yang berada di Jalan Kran Raya 28, Gunung Sahari, Jakarta. Pak Ridha mampu menjelaskan dengan mudah proses yang terjadi ketika dia memotret, disertai dengan deskripsi teknis dan non teknis yang sangat berguna ketika kita mau memulai karir sebagai fotografer profesional.


Setelah pemaparan materi, sesi workshop dilanjutkan dengan demontrasi peralatan Broncolor untuk contoh pemotretan model yang dikondisikan sebagai bagian dari corporate atau family subject. Dan setelah itu diberikan kesempatan pada peserta untuk mencoba peralatan lighting sekaligus melakukan sesi pemotretan dengan model yang sama.

Akhir kata, pelatihan ini sangat bermanfaat dan menambah lagi wawasan ilmu untuk mata kuliah fotografi yang saya ajarkan terutama untuk jurusan Creative Advertising. Maka dari itu Binus Photo Studio mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ridha Kusumabrata, dan PrimaImaging untuk undangan masuk acara ini dan semoga kerjasama Binus Photography Studio dengan PrimaImaging akan selalu terjaga ke depannya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close