People Innovation Excellence

Backlight Studio Photography with Smartphone

Dalam kesempatan kali ini, saya akan mencoba melakukan eksperimen dengan foto studio bertemakan pencahayaan dari belakang objek foto, yang lebih sering dikenal dengan istilah “backlight”. Tujuan ekperimen ini adalah untuk mengetahui apakah sensor foto pada kamera smartphone mampu menangkap citra dalam keadaan backlight, dan seberapa jauh kemampuannya dalam menangkap objek ketika keadaan pencahayaan sangat minim.

Metode : untuk mencegah terjadinya overexposure dalam keadaan gelap, fotografer harus melakukan pengaturan manual pada exposure kamera smartphone, agar sensornya tidak melakukan pengaturan otomatis yang akan mengakibatkan foto dipaksakan menjadi terang, menimbulkan noise, dan foto menjadi kabur. Melakukan teknik low key sangat disarankan untuk fotografi dengan situasi ini.

Berikut beberapa hasil foto backlight menggunakan Iphone 11 Pro Max :

Demikian hasil eksperimen saya, dan saya berkesimpulan bahwa backlight dapat dilakukan dengan cukup baik pada kamera smartphone, walaupun belum sebaik kamera mirrorless.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close