People Innovation Excellence

THEATRE OF MIND

Theatre of mind kira-kira apa ya maksudnya?

Begini, kalau saya certain tentang tetangga saya yang aneh gimana?

Jadi, saya punya tetangga yang menurut saya cukup misterius. Dia seorang Wanita separuh baya, cukup cantik dan kulitnya putih. Suatu malam, Ketika itu hujan gerimis belum berhenti dari sore tadi, saya melihat suara-suara aneh dari tetangga say aitu… saya yakin itu suara wanitu yang saya maksud. Suaranya seperti jeritan, tapi juga mirip orang sedang tertawa…. Bikin merinding saja…

Nah, gimana kira-kira ikut kebayang kan suasananya?

Begitulah kira-kira theatre of mind, di mana dari cerita yang kita dengar, otak dan pikiran kita sudah menafsirkan sesuatu, seperti teater.

Dalam iklan, istilah theatre of mind itu adalah iklan radio. Sebuah cara berkomunikasi satu arah yang hanya mengandalkan suara yang didramatisasi.

Theater of mind merupakan sebuah konsep yang digunakan untuk mengolah dan membentuk pola pikir, atau yang masuk dalam ranah imajinasi seseorang melalui media audio (visual).

Theater of mind diartikan sebagai pembentukan gambar pada suatu suara maupun kata-kata yang tersusun dalam sebuah pikiran seseorang, yang direspon dari suatu stimulus.

Untuk membuat iklan radio yang bagus, perlu disiapkan rencana kreatif. Di mana, ide ceritanya dapat dibangun melalui elemen-elemen berikut:

Elemen theatre of mind:

> Character : Monologue/dialogue/multilogue

> Conflicts

> Theme/story/narration

> Style of language

> Sound effect/music/musical effect

 

Plot cerita dapat dibangun dengan pola:

Opening > konflik > klimaks> ending: twist/magic moment/ surprise

Bagian akhir atau ending biasanya dibangun untuk mengejutkan penonton atau pendengar. Pola ending seperti itu disebut twist, yaitu perubahan sangat tajam dan mengejutkan pada alur plot atau cerita. Konsep twist digunakan untuk dapat memukau atau memberi kejutan bagi pendengar.

Sumber:

https://wizardofads.org/theatre-of-the-mind-why-your-radio-ads-need-it/

https://www.kompasiana.com/adiansaputra/5508eb4ca33311e8432e396c/menulis-untuk-radio-menghadirkan-theatre-of-mind


Published at :
Written By
Arif PSA
LS | DKV Creative Advertising

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close