People Innovation Excellence

5 Video content yang sedang Trend

Berdasarkan hasil survey dari Akamai Technologies dan Kadence International, masyarakat Indonesia menghabiskan waktu lebih kurang 7,7 jam hingga 7,8 jam dalam seminggu menghabiskan waktu menonton televisi. Hal ini jugalah yang dimanfaatkan oleh pihak periklanan untuk membuat jenis video iklan yang disiarkan di Televisi Nasional.

Video Demo 

Video demo adalah video marketing yang diproduksi dengan maksud menunjukan bagaimana cara kerja sebuah produk/jasa dalam sebuah bisnis. Biasanya, jenis video demo dibuat dengan fokus pada nilai manfaat dan kelebihan yang dimiliki oleh produk tersebut. Tujuannya, agar audiens dapat mengenal lebih dekat brand anda dibandingkan dengan kompetitor.

Video Podcast

Video perpaduan yang memanfaatkan audio video marketing ini biasanya menghadirkan pakar dalam suatu hal di video tersebut juga. Kelebihan video marketing ini adalah dapat membantun kepercayaan dari audiens anda.

Video Tutorial

Meskipun hampir mirip dengan video demo yang telah dijelaskan diatas, video tutorial ini lebih mengarah ke edukasi audiens untuk membangun sebuah pengetahuan umum yang dibutuhkan untuk memahami produk yang anda tawarkan sebagai solusi untuk masalah mereka. Selain itu, video tutorial dapat dimanfaatkan oleh tim sales saat bertemu dengan pelanggan.

Video Live

Jenis video marketing yang satu ini mengandalkan siaran langsung tanpa penyaringan / sunting hasil rekaman. DIbutuhkan persiapan yang lebih mendalam dikarenakan siaran ini cenderung dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan interaksi langsung kepada calon pembeli. Misalnya saja dengan menggunakan fitur Shopee Live yang harus aktif berinteraksi kepada audiensnya.

Video Branding

Video Branding adalah teknik video marketing yang dilakukan untuk memasarkan atau mengenalkan brand anda kepada audiens. Salah satu kelebihan video marketing jenis video branding ini adalah pembuat video dapat menyisipkan pesan atau ajakan berupa Call-To-Action untuk penonton membeli / mencoba produk yang sedang diiklankan.

Dengan memperhatikan pergeseran kebiasaan warga Indonesia yang mulai bergeser dari menghabiskan menonton video melalui Televisi melalui menonton Video secara online, anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membuat konten video marketing online.


Published at :
Written By
Inovensius Hugo Bima Wicaksana
Lecture specialist S2 | Binus University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close