THEATRE OF MIND
Theatre of mind kira-kira apa ya maksudnya?
Begini, kalau saya certain tentang tetangga saya yang aneh gimana?
Jadi, saya punya tetangga yang menurut saya cukup misterius. Dia seorang Wanita separuh baya, cukup cantik dan kulitnya putih. Suatu malam, Ketika itu hujan gerimis belum berhenti dari sore tadi, saya melihat suara-suara aneh dari tetangga say aitu… saya yakin itu suara wanitu yang saya maksud. Suaranya seperti jeritan, tapi juga mirip orang sedang tertawa…. Bikin merinding saja…
Nah, gimana kira-kira ikut kebayang kan suasananya?
Begitulah kira-kira theatre of mind, di mana dari cerita yang kita dengar, otak dan pikiran kita sudah menafsirkan sesuatu, seperti teater.
Dalam iklan, istilah theatre of mind itu adalah iklan radio. Sebuah cara berkomunikasi satu arah yang hanya mengandalkan suara yang didramatisasi.
Theater of mind merupakan sebuah konsep yang digunakan untuk mengolah dan membentuk pola pikir, atau yang masuk dalam ranah imajinasi seseorang melalui media audio (visual).
Theater of mind diartikan sebagai pembentukan gambar pada suatu suara maupun kata-kata yang tersusun dalam sebuah pikiran seseorang, yang direspon dari suatu stimulus.
Untuk membuat iklan radio yang bagus, perlu disiapkan rencana kreatif. Di mana, ide ceritanya dapat dibangun melalui elemen-elemen berikut:
Elemen theatre of mind:
> Character : Monologue/dialogue/multilogue
> Conflicts
> Theme/story/narration
> Style of language
> Sound effect/music/musical effect
Plot cerita dapat dibangun dengan pola:
Opening > konflik > klimaks> ending: twist/magic moment/ surprise
Bagian akhir atau ending biasanya dibangun untuk mengejutkan penonton atau pendengar. Pola ending seperti itu disebut twist, yaitu perubahan sangat tajam dan mengejutkan pada alur plot atau cerita. Konsep twist digunakan untuk dapat memukau atau memberi kejutan bagi pendengar.
–
Sumber:
https://wizardofads.org/theatre-of-the-mind-why-your-radio-ads-need-it/
Published at :
SOCIAL MEDIA
Let’s relentlessly connected and get caught up each other.
Looking for tweets ...