People Innovation Excellence

Social issue advertising

Iklan terbukti sangat berdaya. Iklan tidak saja digunakan untuk kepentingan pemasaran produk saja, tetapi juga untuk mengangkat isu-isu sosial, lingkungan dan politik. Iklan-iklan sosial seperti itu kini juga berkembang dan bermutasi menjadi iklan-iklan komersial dengan menunggangi isu-isu sosial. Brand-brand yang memakai strategi ini dianggap bagus karena turut memperjuangkan pesan dan peduli pada isu sosial atau lingkungan.

Iklan sosial harus dapat membuat orang berpikir dan khawatir tentang berbagai masalah sosial dan lingkungan seperti perdagangan manusia, rasisme, dan polusi udara yang sangat penting untuk meningkatkan dukungan publik dan mempengaruhi perubahan yang berarti. Sama seperti iklan komersial, memiliki fakta saja tidak cukup, tetapi iklan juga harus menarik emosi pemirsa untuk meningkatkan kesadaran sosial.

Contoh berikut adalah iklan WWF yang mengangkat isu langkanya hewan-hewan eksotis yang diburu untuk dijadikan berbagai macam barang fashion dan souvenir. Iklan ini mengakat visual yang sangat dramatis, yaitu seorang yang sedang menyeret koper dengan setting di bandara. Drama yang tragi situ digambarkan dengan jejak koper yang penuh darah segar. Ini adalah pendekatan hiperbola yang sangat mengundang perhatian dan kekhawatiran akan semakin langkanya hewan-hewan eksotis.

Sumber:

https://www.boredpanda.com/powerful-social-advertisements/?utm_source=google&utm_medium=organic&utm_campaign=organic


Published at :
Written By
Arif PSA
LS | DKV Creative Advertising

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close