People Innovation Excellence

Perbedaan Shutter Angle dan Shutter Speed

Apa itu Rana Kamera
Rana adalah penutup untuk sensor kamera Anda yang tetap tertutup hingga Anda mengambil foto atau merekam video. Setiap kali kamera mengambil bidikan, rana terbuka memungkinkan sensor terkena cahaya yang masuk melalui lubang lensa kamera atau apertur. Rana menutup setelah sensor menangkap cahaya untuk menghentikan cahaya mengenai sensor.

Shutter Speed
Kecepatan rana adalah waktu yang diukur saat rana kamera terbuka. Ini adalah definisi berkaitan dengan fotografi diam. Dalam hal fotografi film, kecepatan rana adalah waktu yang diukur dari pemaparan film ke pemandangan yang sedang direkam.

Kecepatan rana dalam fotografi digital adalah waktu yang diukur oleh gambar sensor kamera untuk melihat pemandangan yang akan diambil. Secara teknis, inilah saatnya efek dramatis dibuat baik saat Anda mengaburkan aksi atau membekukannya.

Shutter Angle
Istilah “sudut rana” digunakan untuk menggambarkan kecepatan rana yang relatif terhadap laju bingkai. Sudut rana umumnya digunakan untuk daun jendela putar di mana cakram yang berisi bukaan miring berputar dan membiarkan cahaya masuk sekali per putaran untuk memaparkan setiap bingkai. Kecepatan rana lebih rendah bila sudutnya lebih besar. Batasnya hingga 360°, yang merupakan titik di mana kecepatan rana menjadi selambat laju bingkai. Mengurangi sudut membuat kecepatan rana menjadi sangat cepat.

Perbedaan Shutter speed dan Shutter Angle
Perbedaan utama antara kecepatan rana dan sudut rana adalah bagaimana keduanya diukur. Kecepatan rana diukur dalam sepersekian detik. Kecepatan rana mengukur seberapa cepat rana bergerak. Misalnya, jika rana memaparkan film selama 1/60 detik, berarti film tersebut memiliki kecepatan rana 1/60. Kecepatan rana lambat memungkinkan lebih banyak cahaya, tetapi jika subjek bergerak, maka gambar dihasilkan dengan buram gerakan. Di sisi lain, kecepatan rana yang lebih cepat memungkinkan lebih sedikit cahaya tetapi efektif dalam hal gerakan membekukan.

Sudut rana diukur dalam derajat. Saat Anda mengukur sudut rana, Anda mengukur bagian dari cakram putar yang memaparkan film ke cahaya. Sudut rana dianggap “normal” jika 180 derajat. Pada sudut ini, kecepatan rana adalah setengah kecepatan bingkai. Untuk pengambilan film pada 24 fps, sudut rana standar adalah 180 derajat.


Published at :
Written By
Inovensius Hugo Bima WIcaksana
Lecture Specialist S2 | Binus University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close