People Innovation Excellence

MOODBOARD SEBAGAI REFERENSI VISUAL

Pada setiap proses penciptaan karya desain komunikasi visual, desainer dihadapkan pada masa kritis, yaitu pada upaya mendapatkan sebuah gagasan cemerlang untuk dijadikan karya desain komunikasi visual. Desainer memiliki cara dan pendekatan yang berbeda-beda dalam menentukan bagaimana mendapatkan ide yang baik. Desainer membutuhkan wawasan pengetahuan yang luas dalam merancang desain yang baik.

Moodboard adalah salah satu bentuk referensi visual dalam penciptaan karya desain komunikasi visual. Moodboard adalah komposisi berupa gambar, warna, teks, dan elemen desain lainnya ke dalam suatu format untuk menggambarkan visualisasi sebuah desain. Moodboard digunakan dalam sebuah proses menetapkan bentuk visual yang diinginkan sesuai dengan konsep yang sudah ditetapkan. Moodboard dapat membantu menjaga gaya dan estetika tetap konsisten dan sesuai dengan tujuan dan harapan klien.

Mood board sebagai bagian dari proses kreatif sebuah karya desain masih jarang diperhatikan oleh desainer dan khususnya para mahasiswa desain. Banyak mahasiswa desain yang kurang menyadari pentingnya mood board. Proses desain yang relatif instan banyak dipraktekkan oleh para mahasiswa. Meskipun dapat dilakukan dengan sederhana, desain sebagai karya kreatif membutuhkan tahapan-tahapan yang masing-masing tahapan dapat memperkuat bangunan karakter desain yang dihasilkan.

Mood board juga dapat dipahami sebagai proses kreatif itu sendiri, di mana di dalamnya terdapat proses meneliti, memilih, menyususn, dan mengeksplorasi banyak kemungkinan. Maka, mood board yang baik mampu menterjemahkan konsep yang abstrak menjadi struktur visual yang lebih komprehensif. Dalam menyusun mood board, diperlukan pemahaman yang baik antara lain terhadap dasar-dasar seni rupa dan desain dan material. Mood board dibuat sebagai kerangka dasar visual yang merupakan struktur dari sebuah rencana karya desain. Mood board yang baik mampu menciptakan karakter desain yang unik.

Tips membuat moodboard:

Gambar-gambar yang dipakai dalam membuat sebuah mood board sebaiknya mencantumkan sumbernya untuk menghargai dan melindungi hak cipta karya.

Selain obyek-obyek visual yang dapat disunting dari media cetak ataupun digital, materi mood board dapat juga dibuat sendiri dengan fotografi, dan juga dapat juga dikembangkan video mood board.

Semoga dengan moodboard yang baik, merancang karya desain menjadi lebih menyenangkan.

 

(arifpsa)

Sumber:

https://www.toptal.com/designers/visual-identity/guide-to-mood-boards

https://www.kompasiana.com/vincentaditya/611b97b831a28757a63700c4/mengenal-moodboard-dan-manfaatnya-dalam-proses-berkarya

 


Published at :
Written By
Arif PSA
LS | DKV Creative Advertising

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close