People Innovation Excellence

Mengenal Genre Film Mockumentary

Mockumentary adalah genre film dengan gaya dokumenter, namun dengan tokoh dan subyek fiksi. Walaupun banyak mockumentary dibuat untuk film komedi, namun sekarang ini elemen mockumentary dapat ditemukan dalam film-film horor. Untuk mockumentary komedi, biasanya kru dan cast banyak berimprovisasi dalam menuturkan humor dan candaan. Banyak juga kru di balik layar yang berkontribusi di depan layar, bahkan melibatkan orang-orang di luar kru film.

Sebuah mokumenter (lakuran dari kata mock dan documentary) atau dokukomedi adalah jenis film atau acara televisi yang menggambarkan peristiwa fiksi tetapi disajikan secara dokumenter.[1]Produksi ini, sering kali dilakukan untuk menganalisis komentar atau kejadian terkini dan persoalan dengan konsep fiksi, atau memparodikan dokumenter dari hal-hal tersebut.[2] Meskipun tidak selalu komedik, komedi mocumentary dapat dikatakan sangat umum. Sebuah mokumenter dramatik (kadang disebut sebagai dokufiksi) tidak harus disamakan dengan dokudrama, sebuah genre fiksional di mana teknik dramatiknya dikombinasikan dengan elemen dokumenter untuk menggambarkan kejadian sesungguhnya.

Mokumentaris biasanya dipresentasikan sebagai sebuah dokumentasi sejarah, menggunakan B roll dan membahas peristiwa masa lalu, atau sebagai potongan-potongan cinéma vérité berikut orang-orang yang pergi melalui beberapa kejadian. Contoh-contoh muncul selama dasawarsa 1950-an ketika ketika arsip rekaman film menjadi relatif mudah ditemukan..[2] Sebuah contoh awal adalah sebuah potongan pendek dalam film Swiss Spaghetti Harvest yang tampil sebagai guyonan April fools di program televisi InggrisPanorama tahun 1957.

Istilah “mokumenter“, yang awalnya muncul pada dasawarsa 1960-an, kemudian populer pada pertengahan dasawarsa 1980-an, ketika film This Is Spinal Tap yang disutradarai oleh Rob Reiner menggunakan istilah ini dalam sebuah wawancara untuk mendeskripsikan filmnya.[3][4][5]

Mokumentaris sering kali sebagian atau seluruhnya merupakan improvisasi, sebagai gaya tanpa naskah dari peran membantu untuk menjaga kekinian atau kenyataan. Mokumentaris komedik jarang menggunakan trak berisi orang-orang tertawa, juga untuk mempertahankan suasana, meskipun kadang ada pengecualian.

 

film Mockumentary pertama Indonesia adalah Film Keramat 1 pada 3 september 2009 dan muncul keramat 2 di tahun 2022


Published at :
Written By
Inovensius Hugo Bima Wicaksana
Lecture Specialist S2 | Binus University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close