People Innovation Excellence

Gaya Ilustrasi Komik, Buku Anak, Kartun, Karikatur, dan 3D

Gaya ilustrasi berikut tampak senada, tetapi memiliki karakteristik yang berbeda.

Buku komik

Buku komik tradisional telah menginspirasi banyak ilustrator kontemporer dalam gaya, cerita, dan pembuatan karakter. Dengan mempertimbangkan struktur tata letak cerita komik, ilustrator harus membayangkan cerita panel demi panel, yang memberi jalan bagi jenis pemikiran kreatif tertentu yang merupakan tantangan bagus untuk dicoba oleh setiap desainer!

Novel grafis adalah jenis ilustrasi lain yang mirip dengan gaya buku komik. Menjelajahi segudang novel grafis fantastis di luar sana mungkin merupakan ide bagus bagi ilustrator mana pun yang tertarik dengan gaya buku komik.

Salah satu novel grafis paling terkenal adalah The Sandman, yang ditulis oleh Neil Gaiman dan diilustrasikan oleh banyak seniman adalah cerita horor fantasi. Tema gelapnya dimanifestasikan dengan indah dalam ilustrasi yang sama gelapnya. Menyelaraskan representasi visual dengan mood dan tema cerita adalah aspek paling kritis dalam mengilustrasikan buku komik dan novel grafis.

 

Ilustrasi Buku Anak

Setiap ilustrator buku anak memiliki gaya yang unik, sehingga bidangnya luas dan tidak bisa dipersempit menjadi satu gaya definitif. Namun, beberapa fitur utama biasanya adalah hal-hal seperti warna cerah, sensasi gerakan, garis yang lembut, dan emosi yang jelas. Jenis ilustrasi ini mengandalkan tema definitif untuk membawa sebuah cerita. Mereka sering imajinatif dan menggunakan pola dan warna yang menarik untuk membuat anak-anak tetap terlibat dalam cerita.

 

Karikatur

Karikatur adalah gaya kartun di mana ciri-ciri khusus dari suatu karakter dibesar-besarkan untuk menekankan pesan yang dikomunikasikan oleh ilustrasi tersebut. Karikatur biasanya digunakan oleh ilustrator politik, yang sering mengolok-olok atau mengkritik pemimpin dan tokoh politik. Bentuk ilustrasi ini biasanya ditentukan oleh humor. Kalian juga mungkin akrab dengan seniman karikatur yang membuat gambar gaya karikatur orang biasa di jalan atau di pameran dan festival. Ilustrator karikatur memiliki bakat untuk menggambarkan kepribadian dan humor. Di Indonesia, salah satu karikatur yang popular diantaranya Pramono dan GM Sudarta.

 

Ilustrasi Kartun

Sering jatuh di bawah payung ilustrasi gaya komik, kartun bisa serupa karena ditujukan untuk mendongeng dan sering digunakan dalam panel bersama dengan kata-kata dan plot untuk menceritakan sebuah cerita. Ilustrasi kartun biasanya memiliki kepekaan yang kekanak-kanakan dan aneh. Snoopy dan Garfield adalah kartun cetak terkenal yang menentukan gaya ini.

Di Indonesia, kartun juga berkembang di era tahun 80-90an. Di era tersebut banyak kelompok kartunis, diantaranya: SECAC dan KOKKANG. Karya mereka banyak mengisi halaman koran lokal dan nasional. Di era 2000an, kartunis yang popular di antaranya adalah Benny dan Mice.

 

Ilustrasi 3D

Ilustrasi 3D menggunakan kedalaman untuk membuat konten gambar terlihat tiga dimensi. 3D menjadi semakin populer, khususnya dalam pengembangan produk, desain rumah, dan VR. 3D adalah cara terbaik untuk mendapatkan ide tentang bagaimana sesuatu terlihat dalam kenyataan dan dapat menghidupkan ilustrasi biasa. Ilustrasi 3D sangat erat juga digunakan dalam industry animasi dan periklanan.

Saat ini, di mana teknologi sudah menjadi keseharian kita, hadirnya seni digital memberikan seniman digital kebebasan untuk bereksperimen dengan setiap gaya dalam berbagai format.

 

Sumber:

https://www.vectornator.io/blog/illustration-styles/

Contoh2 ilustrasi diambil dari www.google.com

 


Published at :
Written By
Arif PSA
LS | DKV Creative Advertising

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close