People Innovation Excellence

Apa itu Vertical Video ?

Vertical video adalah video yang ditampilkan secara vertikal dengan mode full screen (portrait) sehingga akan lebih cocok dan nyaman untuk dilihat dari perangkat smartphone.

Dengan begitu video akan terlihat lebih baik dan jelas pada perangkat smartphone. Penonton pun seakan-akan lebih merasakan suasana yang ada di dalam video.

Jika kita flashback ke belakang, di mana smartphone modern belum ditemukan dan populer seperti sekarang. Orang-orang lebih banyak menonton video melalui perangkat komputer dan juga laptop.

Di mana mayoritas komputer saat itu menggunakan monitor dengan tampilan landscape dan melebar (wide). Dan ini masih terus berlanjut hingga sekarang.

Tren tersebut akhirnya mulai diadopsi oleh banyak perusahaan teknologi dan website. Ketika itu, YouTube rilis di tahun 2005.

Sebelum populer seperti sekarang, YouTube masih berbasis website. Dan kebanyakan videonya disajikan secara horizontal (landscape) dan square (persegi). Untuk menonton videonya, tentu masih menggunakan perangkat komputer atau pun laptop, bukan smartphone.

Meskipun cikal bakal smartphone modern hadir di tahun 2007 (ketika itu iPhone buatan Steve Jobs menjadi pionernya). Namun resolusi smartphone saat itu masih tergolong rendah dengan ukuran layar yang terbilang mungil.

Belum lagi dengan sistem teknologi webnya yang masih belum secepat dan efisien seperti sekarang, Akhirnya para konten kreator lebih banyak fokus merekam video dengan mode horizontal (landscape) sebagai standar industri.

Dan kebiasaan ini masih terus berlanjut hingga sekarang, Lucunya, jika ada orang yang merekam video dengan mode portrait (vertical) di saat itu pasti akan dibilang amatiran, terutama dari kalangan videografer. Contoh ini banyak ditemukan pada saat menonton konser musik.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close