People Innovation Excellence

Kolaborasi International

Membangun Hubungan Kultural  Selatan-Selatan

Indonesia dan Mozambique memiliki persilangan sejarah yang hampir sama, dimana kedua negara tersebut  adalah negara yang memiliki sejarah kolonial.  Kesamaan dalam pengalaman kolonialisme inilah yang kemudian, keberadaan dan posisi kedua negara ini dalam perkembangannya menjadi negara-negara selatan sebagai basis ekonomi negara yang sedang berkembang. Meski Indonesia dan Mozambique sendiri sebenarnya telah memiliki hubungan bilateral dalam beberapa puluh tahun, namun hubungan-hubungan kultural Indonesia dan Mozambique belum menjadi suatu platform bersama sebagai pertukaran (exchange), baik sebagai kesamaan sejarah kultural dari pengalaman kolonial, juga bagaimana pertukaran tersebut menghasilkan pengetahuan dan diskursus baru tentang proses-proses kultural negara Selatan-Selatan dalam dunia global saat ini. Sejauh ini, program kultural selalu dilatari dengan hubungan yang sangat mekanistik pada negara-negara Utara-Selatan, atau bagaimana pertukaran budaya antara negara maju dan negara berkembang yang sifatnya selalu hirarki karena hubungan ekonomi yang juga hirarkis antara negara maju (Utara) dan negara berkembang (Selatan).

Pada dasarnya membangun sebuah program kultural yang bersifat pertukaran, khususnya membangun jejaring kultural antara negara Selatan-Selatan  adalah sebuah diskursus baru yang belum berkembang. Hal ini dikarenakan hubungan mekanistik yang cukup lama dari latar kaidah ekonomi dunia, dimana hubungan ekonomi yang hirarki antara negara maju dan berkembang, selalu juga mengandaikan hubungan kebudayaan sebagai bagian dari praktik hegemoni negara Utara. Jejaring kultural Selatan-Selatan, sebagaimana hubungan Indonesia-Mozambique in, adalah diskursus baru yang dihasilkan karena latar masa lalu yang sama sebagai bangsa yang memiliki pengalaman kolonial, juga karena kesamaan kultural ini memungkinkan sebuah kesetaraan yang produktif dari agenda pertukaran yang dibangun.

Sebagai salah satu strategi membangun diskursus baru kultural dari hubungan negara Selatan-Selatan (Indonesia-Mozambique), praktik seni adalah sebuah medium yang sangat terbuka untuk membangun kemungkinan pertukaran yang produktif karena medium seni adalah medium yang sangat setara bagi para pelakunya. Kesejarahan kultural di Mozambique, dimana memiliki sejarah seni tradisi yang cukup kuat, demikian juga Indonesia juga memiliki sejarah seni yang berasal dari tradisnya. Kesamaan kultural ini juga mengandaikan kesamaan ekosistem produksi seni yang dipenuhi oleh inisiasi-inisiasi baik individu dan komunitas yang juga bagian dari kedua negara Selatan-Selatan ini. Pentingnya pertukaran melalui praktik seni ini, setidaknya akan membentuk semacam diskursus baru dan pengetahuan baru bersama karena hubungan Selatan-Selatan, adalah sebuah hubungan yang belum didiskursuskan dalam khasanah ilmu sosial. Satuan Selatan-Selatan sebagai identifikasi sebuah bangsa sendiri pada dasarnya adalah sebuah identifikasi baru, khususnya bagaimana hubungan Afrika dan Asia Tenggara, atau Indonesia-Mozambique sejauh ini masih belum memiliki sejarah pertukaran kultural, dalam program pertukaran secara kultural ini akan menghasilkan semacam apa yang dinyatakan pemikir Gayatri Spivak sebagai esensialisme strategis (strategic essentialism).

 

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19.00 WIB
di YouTube Jico_id dan ruang Publik

Irfan Setiawan

Kolaborator:
Idio Chichava
dew cultura
Kevin Julianto
Arham Aryadi
Ockland

Pemutaran Dance Talk

Josh Marcy dengan seniman kolaborator karya Irfan Setiawan

Referensi : https://jicon.id/en/events/kolaborasi-internasional-sister-city-jakarta-x-maputo/


Published at :
Written By
Octavianus

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close