People Innovation Excellence

Seminar “Lighting Masterclass” oleh Urs Recher

Urs Recher adalah seorang fotografer yang lahir di kota Basel, Swiss, pada tahun 1967. Beliau sempat mempelajari ilmu matematika dan fisika pada tahun 1987 namun memutuskan untuk magang menjadi seorang fotografer pada 1989. Setelah mendapatkan sertifikat bidang fotografi pada tahun 1993 dari School of Arts, Basel, Swiss, ia pun melanglang buana menuju Chile (1993), dilanjutkan menuju Belanda (1996).

Semenjak tahun 1998, Urs Recher telah menjadi seorang fotografer resmi dari Broncolor, sebuah merk peralatan lampu fotografi yang berasal dari Swiss yang sudah menjadi standar dalam dunia fotografi komersil. Dan pada tanggal 17 November 2022, saya berkesempatan untuk menghadiri seminar beliau yang diadakan oleh PrimaImaging, dalam rangka kerjasama dari Binus University dengan PrimaImaging.

Urs Recher memulai dengan menampilkan hasil karya beliau yang banyak berkecimpung dalam dunia fotografi portrait dan still life. Dilanjutkan dengan pemahaman logika pencahayaan dan praktek pengaturan arah cahaya dan framing obyek foto.

Berbagai tips dan trik juga ditampilkan oleh Urs Recher sampai mendapatkan hasil yang diinginkan. Sebagai contoh, produk botol parfum yang ditampilkan sebelumnya dapat dibuat ulang menggunakan posisi pencahayaan dan teknik fotografi yang dibutuhkan.

Dari seminar ini Binus University khususnya dalam mata kuliah fotografi telah mendapatkan ilmu yang sangat berharga dari seorang fotografer internasional dan tentunya diharapkan untuk dapat memperkaya materi kuliah fotografi yang sudah ada. Dengan adanya kerjasama dengan vendor PrimaImaging, pengembangan diri berupa ilmu fotografi baru akan terus didapatkan demi meningkatkan kualitas lulusan jurusan Desain Komunikasi Visual, sehingga para lulusan dapat lebih memahami konsep dan aplikasi teknik fotografi dalam dunia industri yang membutuhkannya.

Randy Indra Pradhana


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close