People Innovation Excellence

Christina Bevan, Model Foto Berwarna Pertama yang Mendunia

Apabila pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan mengenai proses fotografi dengan media Autochrome, maka kali ini akan saya jelaskan sedikit mengenai seorang perempuan bernama Christina Bevan. Pada saat dunia fotografi berwarna sedang mulai berkembang, seorang insinyur pesawat berkebangsaan Inggris bernama Mervyn O’ Gorman juga memiliki hobi fotografi dan sedang bereksperimen dengan teknologi Autochrome.


Mervyn O’Gorman

Mervyn O’Gorman memiliki lingkaran pertemanan dengan beberapa nama terkenal pada masa itu seperti Alfred Stieglitz, seorang pionir dalam dunia fotografi komersil. Tak terkecuali dengan Edwyn Bevan, seorang filsuf dan sejarawan asal Inggris. Edwyn Bevan dan istrinya Mary Waldegrave memiliki dua orang anak perempuan yang masing-masing bernama Christina dan Anne. Menurut National Science and Media Museum (Inggris), dikarenakan hubungan pertemanan yang sangat baik antara Mervyn dengan Edwyn, Mervyn pun dapat mengikuti acara bepergian keluarga Bevan menuju Lulworth Cove, Dorset, pada bulan Agustus tahun 1913, yang terdiri dari Mary, Christina, dan Anne Bevan (Edwyn tidak ikut serta).

Ketika foto-foto keluarga Bevan yang sedang bepergian ini dipublikasikan untuk umum pada pameran Drawn by Light (oleh National Science and Media Museum) pada tahun 2015, banyak pengamat yang ingin mencari informasi tentang seorang model berbaju merah pada hasil foto Mervyn dan terlihat seperti seorang gadis cantik pada era modern. Pada awalnya, banyak yang mengira bahwa model tersebut adalah seorang putri dari Mervyn O’Gorman, namun pada akhirnya terbantahkan setelah seseorang bernama Stephen Riddle menghubungi panitia pameran tersebut, dan menceritakan bahwa dia menerima beberapa foto karya Mervyn dari ayah mertuanya. Ia pun memperlihatkan beberapa foto lain dari Christina dengan baju dan lokasi yang persis sama, yang belum dimiliki oleh museum manapun.

Lady in Red.jpg

Christina Bevan pun menjadi terkenal setelah menjadi model misterius pada sebuah foto yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Dan berdasarkan data terakhir dari internet, beliau wafat pada tahun 1983 dalam usia 84 tahun, dan tidak sempat melihat foto berwarna dirinya yang menjadi terkenal 100 tahun kemudian.

Sumber foto banyak diambil dari : https://www.scienceandmediamuseum.org.uk/


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close