People Innovation Excellence

MISE EN SCENE

Mise en scene merupakan salah satu aspek yang ada dalam keilmuan sinematografi yang harus dipahami oleh seorang pembuat film karna pemahaman ini akan berdampak pada hasil dari film yang dibuat. Secara garis besar Mise en scene adalah pengaturan komposisi dari keseluruhan unsur visual yang ada pada saat proses produksi sebuah film. Dalam mise en scene terdapat dua sudut pandang yaitu:

Sudut pandang penonton

adalah segala sesuatu yang terlihat secara kasat mata/nyata di layar. Sudut pandang ini menjelaskan bagaimana penonton melihat sebuah peristiwa/kejadian dalam film sesuai dengan ruang dan waktu yang disajikan.

Sudut pandang pembuat film

adalah sebagai sebuah tindakan meletakan sesuatu di dalam peristiwa yang dibuat. Pada sudut pandang ini seorang pembuat film bertanggung jawab dalam meletakan segala macam unsur visual yang bisa dimanfaatkan untuk memberi informasi dan mendramatisasi peristiwa dalam sebuah film yang dibuat.

Ada tiga pendekatan dalam mise en scene
– Realisme
– Imajinatif
– Hollywood Spectacular

Realisme
diartikan sebagai pendekatan terhadap keseharian dan perilaku logis manusia (docu drama). Film yang dibuat dengan mereka ulang dan didramitisasi sesuai dengan cerita atau sejarah aslinya.

Imajinatif
Pendekatan ini paling sering digunakan adalah pada serial tv animasi kartun (Tom & Jerry, The Flinstone, Scooby Doo dan sebagainya). Pada film layar lebar pendekatan imajinatif sangat sering atau hampir semua film berjenis science fiction, horor.

Hollywood Spectacular
Pendekatan ini bisa didasarkan pada realisme, imajinatif ataupun perpaduan keduanya, yang dibuat sangat luar biasa (spektakuler).

 

 


Published at :
Written By
Octavianus

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close