People Innovation Excellence

Type Modification Project: Connect with Your Cultural Heritage – Other Collections

Kita hidup di dunia tanpa sekat yang memungkinkan semua budaya berbaur jadi satu. Dengan segala kebisingan dunia, tak mengherankan jika beragam budaya lokal Indonesia sering kali terpinggirkan. Padahal budaya lokal itulah yang menjadi aset berharga kita untuk dapat tampil berbeda dan bersaing di dunia global.

Project ini mengajak kita untuk menoleh, melihat ulang beragam budaya lokal Indonesia dan lebih jauh lagi mengangkat dan membawa budaya itu ke masa kini. Dengan memodifikasi typeface yang sudah ada menggunakan ragam hias tradisional, diciptakanlah desain huruf yang diharapkan dapat menggambarkan ciri khas budaya suatu daerah di Indonesia.

Banyak sekali karya-karya beserta proses dari project ini yang menarik, tapi sayang tidak bisa ditampilkan satu persatu. Yuk simak dua karya yang ditampilkan di bawah ini.

Bogor (Jawa Barat) karya Cecilia Clara

Cecil mengumpulkan referensi ragam hias Jawa Barat dan kemudian menyederhakan ragam hias tersebut.

Ragam hias tersebut dipergunakan untuk memodifikasi huruf. Sekitar 15 desain huruf dieksplorasi untuk menemukan yang terbaik.

Dan berikut adalah hasil akhir desain huruf yang Cecil hasilkan.

Pontianak karya Angelia Wong

Timika karya Theresia Uneputty

Jakarta karya Mika Evangelista

Tanjung Pinang karya Safira Amalia


Published at :
Written By
Angela Oscario
Deputy of DKV Creative Advertising | Universitas Bina Nusantara

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close