People Innovation Excellence

Tipe Cara Kerja Desainer yang Manakah Kamu?

Desainer itu identik dengan minum kopi, lembur dan kurang tidur. Hmm… apa semua desainer punya cara kerja yang sama seperti itu? Ternyata ada lho desainer yang jam 9 malam sudah tidur nyenyak. Kok bisa ya? Cara kerja tiap desainer memang berbeda-beda. Coba lihat yuk, kamu desainer dengan tipe cara kerja yang mana?

Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/pKeF6Tt3c08

 

Makin Mepet Makin Seru!

“Kalau bisa dikerjain besok, kenapa harus sekarang? Nikmati hidup dulu dong! Hidup itu harus seimbang antara senang-senang dan kerja.”

Apakah kamu termasuk golongan desainer yang berpikir seperti ini? Well, asal semua pekerjaan selalu bisa selesai tepat waktu sih nggak masalah. Mungkin kamu memang adrenaline junkie. Tapi hati-hati, bro, sis, nggak semua selalu bisa berjalan sesuai rencana. Kadang kita butuh waktu lebih dari yang dibayangkan buat menyempurnakan karya desain ataupun menangani hal-hal yang terjadi di luar prediksi. Hidup seimbang itu wajib tapi kalau pekerjaan sudah beres duluan, senang-senangnya juga lebih lega, bukan?

 

Kalau Nggak Mepet Nggak Bisa Mikir

“Kalau belum mepet, otak rasanya beku. Nggak ada ide yang keluar sama sekali. Gimana dong?”

Mungkin di sekitar kamu banyak distraksi yang bikin kamu nggak konsentrasi. Buat ruang kerjamu senyaman mungkin dan bebas dari gangguan. Sesudah itu jangan lupa buat target-target kecil yang harus kamu capai tiap harinya. Jangan cuma ingat tenggat waktu di akhir, tapi ingat yang harus kamu penuhi adalah target kecil kamu. Dengan begitu tiap hari kamu merasa kepepet dan akhirnya bisa nyicil deh.

 

Dicicil Dong Biar Bebas dari Kantong Mata

Wah, kamu termasuk golongan yang biasa tidur jam 9 malam ya? Luar biasa! Populasi kamu mungkin hanya 1% dari seluruh populasi desainer. Keren, kamu udah bisa mengelola waktu dengan baik.

Pesennya cuma satu nih. Jangan buru-buru puas, merasa cukup dan nggak mau ngulik lagi karena harus patuh 100% dengan jadwal yang sudah kamu buat. Kalau memang masih butuh waktu untuk memfinalisasi karya, sesuaikan lagi saja waktunya.

 

Udah Nyicil Kok Tetap Mepet Selesainya?

Kamu tipe yang perfeksionis ya? Selalu melihat karya diri sendiri kurang bagus atau pun rumput tetangga alias karya teman lebih bagus jadi kepengen diulik terus karyanya. It’s okay. Desainer itu memang harus punya sisi perfeksionis untuk bisa bikin masterpiece. Cuma hati-hati burn out ya.

Ingat untuk tetap istirahat dan menyisihkan waktu untuk me time alias memanjakan diri. Belajar untuk bilang STOP ke diri sendiri kalau sudah merasa terlalu lelah.


Published at : Updated
Written By
Angela Oscario
Deputy of DKV Creative Advertising | Universitas Bina Nusantara

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close