People Innovation Excellence
 

Proses Kreatif Fotografi

Proses penciptaan karya seni foto tidaklah berbeda dengan metode penciptaan karya seni lainnya. Dalam membongkar tahapannya yang biasa dilakukan seorang pengkarya seni (foto) menggunakan metode kreatifnya Graham Wallas (1.Preparation, 2.Incubation, 3.Illumination, 4.Verification) atau metodenya David Cambell (ada tambahan Concentration sebelum Incubation). Marry Mace menemukan tahapan kreatif pada pengkarya seni (1.Conception, 2.Idea development, Making the artwork, 4.Finishing). Tahapan Mace sangatlah cair dan dialektif, antar tahapannya bisa berulang ke tahapan sebelum atau sesudah.

persis memang nggak, tapi outlinenya sebenarnya disitu2 aja kalau kita perhatikan lebih dalam, seperti punya Tom Kelly (ideo) juga sama esensinya cuma beda istilah dan pemenggalan/pemampatan tahapannya seperti yang lain. Proses kreatif secara personal memiliki subyektivitas yang tinggi, berbeda satu dengan lainnya, kalau kita lihat dari Mace teori2 tersebut bukanlah patron metode akan tetapi gambaran dari kebiasaan dari seorang pengkarya seni pada umumnya dan ini bisa menjadi jalan pendekatan bagi pemula. Kalau kita lihat wallas dan Cambell pun berangkat bukan untuk penciptaan seni tetapi membahas tahapan berfikir kreatif secara umum(bukan seni).

 


Published at :
Written By
Lateevhaq
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close