People Innovation Excellence
 

Penca Cimande merentang ke ujung dunia

Mampir ke saung pelestari Penca Cimande milik Mang Didih Supriadi, membongkar arsip foto2 lawas. Beberapa halaman terlewati, dan ada yang menarik dari beberapa lembar foto tersesbut. Empat orang bule dengan sesepuh Penca Cimande, yaitu Alm H. Darwis. Pertanyaanpun terlontar dari mulut ini karena penasaran mengenai siapa mereka. Cerita tentang orang asing yang berguru Penca Cimande sudah pernah dengar cukup lama, tetapi belum melihat penampakan sesungguhnya.

Bule2 tersebut adalah Marcel dan kawan2nya yang datang dari negeri Belanda. Mereka berlatih Penca Cimande selama 1 bulan penuh. Peristiwa tersebut terjadi di sekitar tahun 2002. yang menarik dari cerita dibalik foto tersebut adalah, kiprah bule2 tersebut di negaranya sepulang dari Cimande. Mereka mendirikan Perguruan Penca Cimande di Belanda yang diberi nama “Kujang Pusaka Cimande Tarikolot”.

Penca Cimande layak untuk diminati para bule yang mengejar keeksotisan tradisi timur. Desa Cimande Tarikolot adalah “Bumi Penca” yang sulit dicari tandingannya. Penca Cimande adalah tradisi yang masih hidup dan dihidupi masyarakatnya. Penca Cimande adalah “Falsafah hidup dan seni dalam gerak”.

Saung mang Didih setiap minggu pagi biasa digunakan latihan anak2 kecil yang berjumlah ratusan, seperti “Playgroup Penca”. Malam harinya digunakan untuk melatih yang berusia remaja. Masih banyak lagi saung2 atau padepokan yang aktif mengajarkan Penca Cimande, dengan antusias tinggi masyarakat sekitar. Memasuki Desa Cimande seakan terperangkap serial silat Ko Ping Hoo.

Sore itu terpaksa aku tidak membidikkan kamera karena lebih sayik dengan asupan cerita yang menarik. Lain kali aku akan datang dengan mata bukan dengan telingaku.


Published at :
Written By
Lateevhaq
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close