People Innovation Excellence
 

Multicompose Exposure

Tantangan mengajar Fotografi for Commercial Project (Jurusan Creative Advertising Binus) secara daring di tengah pandemi memang cukup menantang. Keterbatasan dalam segala hal tidak menghalangi materi tersampaikan dengan maksimal. Dalam situasi normal, anak2 bisa melakukan praktik pemotretan langsung di studio kampus. Asistensi karya bisa dilakukan secara langsung dan detail. Sebagai pengajar memiliki rasa kekhawatiran akan hasil yang dicapai anak tentulah sangat wajar.

 

Kendala terbesarnya dalam matakuliah ini adalah tidak adanya kesempatan mahasiswa melakukan pemotretan dengan fasilitas yang sangat memadai sesuai setandard pemotretan komersil. Anak2 mengerjakan semuanya di rumah dengan mengandalkan 1 buah speedlight sedangkan tuntutannya lebih dari itu.

 

Dengn kendala yang ada, akhirnya saya memilih memberikan materi muticompose exposure. Teknik tersebut sangat memungkinkan dilakukan diera digital sekarang ini, dan ini jamak digunakan untuk kebutuhan pemotretan komersil. Kamera lock position, foto diambil beberapa kali dengan direction dan diffuser yang berbeda2. Semua hasil pemotretan digabungkan di dalam photoshop dengan menggunakan layer mask. Dengan 1 speedlight yang dimiliki seakan2 anak memiliki banyak flash lighting sesuai dengan kebutuhannya.

 

Alhasil tugas yang dikumpulkan sebagai hasil pembelajaran daring cukup memuaskan. Semangat anak2 mengerjakannya tidak surut dengan keterbatasan yang dimiliki.

 

Salam fotografi kawanz!

 

NB: Di bawah adalah karya; Gloria, Widya, Mathew, Laura, Reyhan, Aldia, Isabelle.

 


Published at :
Written By
Lateevhaq
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close