People Innovation Excellence
 

Beyond Reality

Pada tanggal 20 – 11 – 20, DKV program Creative Advertising membuka pameran Augmented Reality yang bersifat digital karena Indonesia masih dalam terkena dampak dari pandemi covid-19. Pembukaan pameran diawali dengan LIVE Instagram dari channel ca_binus langsung dari kampus Syahdan Bina Nusantara – gedung R. 

Konsep Beyond Reality berarti mengeksplorasi konten visual melampaui batas-batas realita melalui penggabungan kembali antara seni dan sains. Seperti yang diketahui sebelumnya, pada jaman renaissance sebenarnya tidak ada batas jelas antara seni dan sains. Dapat kita lihat dari tokoh-tokoh seperti Leonardo da Vinci yang karya-karya nya bercampur antara teknologi dan seni lukis. Bahkan pada saat itu Leonardo da Vinci pernah berkata, “orang yang tidak memahami matematika tidak semestinya membaca karya saya”. Hal ini dapat kita simpulkan bahwa lukisan pada jaman renaissance itu memiliki konsep teori perspektif yang mengharuskan kita memahami logika matematika. Setelah jaman renaissance berlangsung, periode berikutnya seni dan sains berjalan masing-masing, banyak orang beranggapan bahwa sains merupakan rasional, sedangkan seni itu irrasional (perasaan). Hal ini dapat dibuktikan dari universitas jaman sekarang fakultas seni dan teknologi itu berbeda dan memiliki jalan masing-masing. Namun, dapat kita amati bahwa tahun-tahun terakhir ini, sains dan seni seperti bertemu kembali. Banyak konsep era digital yang membutuhkan kombinasi antara sains dan seni itu, untuk membentuk suatu era teknologi baru 4.0.

Era teknologi 4.0 menyebabkan orang-orang harus belajar sains dan seni secara bersamaan seperti pada era jaman renaissance, contohnya seorang dengan latar belakang pendidikan desain juga perlu belajar bahasa program komputer untuk menghasilkan karya-karya digital terkini. Namun, sebenarnya yang dibutuhkan itu kolaborasi antara seni dan sains. Seni mengambil peran untuk mengisi konten, bisa itu berupa audio atau visual. Sedangkan sains memberikan platform untuk realisasi itu.

Pameran Augment Area 2020 ini memberikan contoh penerapan bahwa sains dapat diwakilkan dari teknologi terkini yaitu Zappar app, dan pengisian konten audio visual melalui seni desain komunikasi visual. Untuk menikmati 26 karya dari Binusian 2022 DKV Creative Advertising ini, pengunjung pameran dapat menggunakan smartphone yang telah diunduh Zappar app, dan mengakses link www.ca.binus.ac.id/beyond-reality. Berikutnya melalui kamera dari smartphone tersebut, pengunjung dapat mengarahkan kamera pada gambar karya pada website tersebut untuk menikmati konten audio-visual lainnya.

Pada tahun ini, tema yang diambil yaitu Indonesian Traditional Culinary. DKV Creative Advertising Binus percaya bahwa kolaborasi antara teknologi dan tradisional budaya asli Indonesia akan selalu menjadi hal yang menarik. 

Terima kasih kepada pihak-pihak yang selalu support agar acara ini dapat berlangsung dengan lancar, DMD Binus University, CMC Binus University, BinusTV, Marketing Binus University, SOD Galeri Syahdan, Studio Photo & AV DKV, Ruang Karya DKV

Sampai jumpa di pameran berikutnya..


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close