People Innovation Excellence
 

Virtual Photoshoot : Gaya Baru Fotografi Akibat Pandemi

Dunia berubah sejak kemunculan virus COVID-19 pada awal tahun 2020, mengakibatkan dampak yang luar biasa pada semua aspek kehidupan, seperti ekonomi, sosial, dan lain-lain. Manusia dipaksa untuk berpikir kreatif dalam pandemi virus baru ini agar dapat bertahan hidup di tengah-tengah kondisi ekonomi yang tidak pasti. Tidak terkecuali dalam dunia fotografi, dimana sebelumnya antara fotografer dengan objeknya, apabila manusia, dapat bertemu dan bertatap muka di lokasi pemotretan. Kini, disaat manusia membatasi untuk berhubungan secara langsung dengan sesamanya, muncul sebuah tren baru yang memungkinkan fotografi manusia ini tetap dapat hidup, walaupun dengan keterbatasan. Adalah Virtual Photoshoot, sebuah genre fotografi baru dimana fotografer dengan model dapat tetap melihat satu sama lain, dengan menggunakan wadah virtual, yang biasanya menggunakan aplikasi berbasis media sosial atau komunikasi. Fotografer dapat memberikan arahan kepada model untuk melakukan pose terbaik, dengan komposisi yang dapat diatur, walaupun fotografer tidak ada di lokasi. Penulis sudah mencoba melakukan tes fotografi ini dengan menggunakan metode aplikasi Line, Whatsapp Video, dan Zoom. Zoom sejauh ini lebih maksimal karena apabila digunakan di komputer atau laptop, wajah fotografer akan berada di sisi yang agak jauh dari penampakan model, sehingga lebih aman untuk difoto. Pemotretan dilakukan dengan 2 metode, dengan teknik screenshot layar, atau memotret layar menggunakan kamera, dimana pilihan ini tergantung daripada keinginan estetik fotografer. Apabila belum mencoba, disarankan untuk mencobanya karena dapat melatih kreativitas baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Sumber : abednegosamuel

Randy


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close