People Innovation Excellence
 

05.05

Pada tanggal 27 Mei 2006 pukul 05:55 terjadi gempa bumi berkekuatan 5.9 skala richter,selama 57 detik mengguncang wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Gempa ini menelan 6234 korban jiwa dan menghancurkan puluhan ribu rumah serta fasilitas umum. Kecamatan Pundong dan Kabupaten Bantul adalah wilayah terparah. Beberapa dusun hancur total dan rata dengan tanah yang menyebabkan sebagian besar warganya tewas. Kejadian ini menyebabkan trauma besar terhadap warga Yogyakarta. Dan rehabilitasi pasca gempa membutuhkan waktu sekitar 2 tahun.

Sinopsis diatas merupakan film pendek yang di sutradarai Tiara Kristiningtiyas. Film pendek ini mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari berbagai festival, seperti Jogja Film Festival (JAFF NETPACK) 2014, Pemenang kategori juri media pada XXI Short Movie Festival 2015, dan screening pada Los Angeles Indonesia Film Festival 2015 (LA IFF) di Los Angeles.

Film ini disajikan tanpa percakapan dan menggunakan “mood color” hitam putih. Visualisasi yang di sajikan terlihat sangat realistis dengan menggambarkan detik-detik menjelang gempa yang akan terjadi, kebiasaan-kebiasaan warga yang memberikan makan binatang, mencuci piring, merokok, membetulkan motor, suara tangis bayi, dan lain-lainnya. Walaupun alurnya terlihat sederhana film ini berhasil memaparkan suasana sunyi ketika gempa akan terjadi. Cara penggambaran gempa yang terjadi dibuat tidak terlalu berlebihan, yaitu dengan hanya menampilkan suara-suara gemuruh dan barang-barang yang berjatuhan,bahkan pecah. Film 05:55 dapat dengan sangat baik menjabarkan suasana dan atmosfir sebelum dan disaat kejadian bencana alam gempa bumi di Yogyakarta.

 


Published at : Updated
Written By
Ockland
AV
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close