People Innovation Excellence
 

Fotografi Kini, Permainan Belum Usai

Fotografi sekarang ini masuk secara masif, menyatu ke dalam semua aspek budaya visual kita. Banyak orang melakukan praktik fotografi, memotret menjadi habit keseharian membenam dalam gaya hidup yang tak terelakkan. Memotret telah menjadi aktivitas banal melalui telepon pintar. Memotret menjadi representasi dari sekedar “aku diantara kalian” tanpa mampu menyingkap makna puitik tujuan keberadaan kita. Memotret seakan hanya membenam ke dalam intrumental prosaik. Meminjam istilah Heideger, situasi “Dasman memotret” di dalam dunia, bukanlah “Dasein memotret” menyingkap makna puitik.
Di sisi lain aktivitas fotografi sebagai intrumental puitik melalui praktik seni masih bergelut menggapai identitas medium. Dalam seni kontemporer, medium fotografi sekarang ini dalam kondisi krisis, atau setidaknya dalam situasi transformasi medium yang parah (Baker, 2005: 121). Praktisi fotografi dalam praktik seni juga beragam, berada dalam kekaburan identitasnya: fotografer seni, seniman fotografi dan perupa yang menggunakan fotografi (Campany, 2012: 11). Kondisi semacam itu, menjadikan fotografi dalam kondisi medan yang bertumbuh, permainan belum usai.
Salam fotografi kawan!


Published at :
Written By
Lateevhaq
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close