People Innovation Excellence
 

Fotografi 2 (Fotografi Desain)

Matakuliah fotografi yang ditujukan untuk menunjang visualisasi konsep desain komunikasi visual. Fotografi menjadi bagian yang sangat penting selain ilustrasi, tipografi dan lay-out. Dalam matakuliah ini kebutuhan eksekusi dan kreatiftas konsep sesuai brief sama kuat. Konsep lahir berdasarkan kemampuan menjawab permasalahan yang ada dalam brief. Pemanfaatan fotografi dalam visualisai menjauhkan perdebatan photoshoper atau photographer (isu usang). justru siswa harus menguasai olah digital selain teknik pemotretan. karena dalam kasus yang sering terjadi kebutuhan digital compositing sangat dibutuhkan tidak hanya sekedar adjusting atau retouching. (pola pasar sekarang ini dengan “one stop service” bagi freelancer menuntut seperti itu) Kasus yang sering terjadi biasanya ada 2:

  1. Menggampangkan proses pemotretan mentang2 ada photoshop (jelas itu salah). Hasil olah digital yang bagus pasti dihasilkan dari kualitas foto yang bagus pula. ada hal2 yang tidak bisa diubah secara bim-salabim di photoshop seperti arah cahaya. arah cahaya dari kiri pada sebuah objek tidak bisa dengan serta-merta dijadikan sebelah kanan dengan posisi objek yang sama.
  2. Kemampuan olah digital yang terbatas dapat menjadikan foto yang bagus menjadi jelek kwalitasnya. Olah digital dilakukan itu untuk memperbaiki foto. dari hasil yang bagus dijadikan lebih bagus lagi. bukannya memperburuk. mengapa susah2 melakukan olah digital kalau kwalitas foto bertambah buruk.

Mengajar fotografi desain harus sadar dan mengerti tuntutan kebutuhan komersial (industri) melalui proses produksi dan post-produksi.

Salam kreatif kawans!

Dibawah ini dalah karya tugas UTS siswa kelas fotografi 2 Creative Advertising Binus 2017 semester 3:
Rida Putri Amalia , Vianty ardina, Clarisa, Myra Wirawan


Published at :
Written By
Lateevhaq
SCC Visualization & Execution | CA SOD Binus
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close