People Innovation Excellence

Software Video Editing film dan Video dalam industri Komersial

Proses penyuntingan dalam sebuah film memang sangat lah penting, karena lewat proses ini, semua proses pasca produksi film akan digabungkan menjadi sebuah karya. Istilah penyuntingan film berawal dari proses pengerjaan yang menggunakan cara tradisional.

Akan tetapi untuk sekarang ini, penyuntingan dilakukan dengan alat bantu teknologi digital yakni software editing film.

Perpaduan antara editor dan software yang digunakan akan menghasilkan sebuah tampilan visual yang menarik hati para penonton nya. Maka dari itu selain software pengedit video yang digunakan, diperlukan juga editor berpengalaman yang kualitas kerjanya baik. Untuk menentukan kualitas produk akhir film yang dibuat.

Adobe Premiere Pro

Software ini banyak digunakan untuk membuat film terkenal dan acara televisi, meskipun belum termasuk ke dalam jenis software yang mampu membuat film profesional. Namun software ini sudah dilengkapi beberapa fitur khusus untuk membuat film berskala amatir. Fitur yang ada pun sudah cukup komplit seperti efek visual, memiliki banyak timeline dan tampilan antar muka yang memanjakan mata.

Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro adalah Software dari pembuat film yaitu Sony ini dapat dioperasikan pada Microsoft Windows, yang memungkinkan untuk membantu tugas editor membuat sebuah film. Dilengkapi dengan fitur 3D stereoscopic dan editing multi-kamera, membuat software ini banyak digunakan untuk menyunting sebuah film. Software ini juga mendukung berbagai format video dan menawarkan jasa Titler Pro yang memungkinkan pengguna untuk menambah animasi.

Final Cut Pro

Software pengedit film ini pertama kali dirilis tahun 1999, software pembuat film dari perusahaan Apple ini menempatkan pada sebuah media composer populer. Final Cut Pro dapat melakukan pengeditan dalam format Quick Time dan dapat di integrasikan dengan produk Apple lainnya. Software ini menawarkan beberapa filter dan transisi yang menarik, yang memungkinkan pengguna mengkombinasikan video lebih dari satu kamera.

Avid Media Composer

Jenis software ini dikategorikan sebagai software pembuat film profesional, karena sampai saat ini banyak sekali editor dari industri perfilman menggunakan aplikasi ini. Meski software ini dianggap software jadul karena dirilis pertama kali di tahun 1989, namun sampai saat ini selalu konsisten dengan kualitas nya. Tidak hanya film, acara TV pun menggunakan Avid Media Composer sebagai alat bantu untuk menyunting sebuah gambar.

Lightworks Pro

Lightworks pro sudah menjadi kategori software pengedit film profesional, karena sudah sering kali software ini digunakan untuk menyunting sebuah film terkenal. Pernahkan Anda menonton film yang berjudul “The King’s Speech” dan “Road to Perdition” ? proses editing kedua film tersebut menggunakan aplikasi Lightworks Pro. Jika Anda adalah seorang pembuat film amatir, Anda bisa cukup menggunakan versi gratis nya yang tidak kalah lengkap semua fitur nya.

mana yang sesuai untuk anda silahkan dicoba


Published at :
Written By
Inovensius Hugo Bima Wicaksana
Lecturer specialist S2 | Binus University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close