People Innovation Excellence

Imagination Day – Seriously Fun!

“Suatu hari akan kita lihat karya-karya besar… yang terlahir dari imajinasi yang paling liar…”

Tahun 2022 ini, Imagination Day diselenggarakan lagi dalam bentuk onsite, setelah dua tahunan sebelumnya dilakukan secara online. Yang lebih menarik lagi, HIMDKV bekerjasama dengan seluruh kampus DKV Binus di kota Jakarta, Alam sutera, Bandung dan Malang secara serempak. Tulisan ini ingin melihat lebih jauh, apa dan gimana sih Imagination day itu awalnya?

Memberdayakan kampus sebagai episentrum kreativitas.

Pendidikan desain tidak mungkin bergerak lepas dari aktivitas pendukungnya. Proses kreatif menjadi hal penting yang dipastikan terjadi dalam kampus, dan dengan didukung pemahaman yang lebih luas tentang seni, desain dan kreativitas yang berakar pada pemenuhan kebutuhan manusia. Dengan demikian, diperlukan pergerakan-pergerakan dan dialog dalam ruang-ruang eksplorasi yang luas. Ruang tersebut sangat diperlukan untuk menumbuhkembangkan aura kreativitas itu sendiri. Proses penciptaan, yang di dalam kampus disebut sebagai proses pengajaran, harus bermuara pada hasil pembelajaran yang disebut karya (seni dan, atau desain) yang eksploratif. Untuk mendapatkan hasil karya yang berkualitas, dalam proses penciptaan dibutuhkan serangkaian fasilitas, yang selain peralatan, ruang dan aktivitas adalah juga hal yang penting.

Ruang dan lingkungan kreatif yang nyaman akan membantu membangun kesadaran kreatif yang masif bagi komunitas desain seperti School of Design Binus University. Dengan menciptakan ruang dan atmosfir kreatif diharapkan dapat merangsang terjadinya letupan-letupan kreatif berikutnya yang sangat penting dalam kerangka membangun manusia kreatif yang passionate dan peduli pada pengembangan studi desain.

Dengan demikian, proses kreatif harus diyakini sebagai proses yang menyeluruh dan utuh, dan bukan sekedar mendesain rupa visualnya saja, akan tetapi termasuk membangun mindset, perilaku, dan sikap yang toleran serta terbuka pada dialog dan perubahan. Komunitas desain harus mampu mewujudkan sikap-sikap positif tersebut yang akan mendasari proses penciptaan sebuah karya dan membekali diri sebagai desainer yang berkualitas, beretika, peduli, dan bertanggung jawab.

Atmosfir dan lingkungan yang kreatif diperlukan untuk membantu mendorong terwujudnya komunitas kreatif di lingkungan Binus University, khususnya bagi mahasiswa dan dosen-dosen School of Design Binus University. Karya yang berkualitas akan lahir, bila dialog dan persentuhan-persentuhan antar simpul mewujud menjadi aktivitas yang disadari dan dibutuhkan. Dengan demikian, kita sejujurnya sedang berupaya membangun fondasi dan mindset yang kuat terhadap kreatvitas itu sendiri, dan hal ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar serta berkesinambungan.

Desain yang baik akan lahir dari ruang-ruang yang toleran terhadap perubahan, yang akrab dengan eksplorasi, mendorong keberanian untuk bereksperimen, dan yang pada akhirnya mampu melahirkan karya yang kompetitif dan berkarakter kuat.

Dengan latar belakang tersebut, dibuatlah sebuah event unik sehari penuh yang diberi nama Imagination Day. IMAGINATION DAY adalah kegiatan unik sehari penuh yang diselenggarakan oleh School of Design Binus University, berisi aneka ragam aktivitas kreatif, dan bertujuan membangun & menumbuhkan atmosfir dan lingkungan kreatif di kampus Binus University. Dalam IMAGINATION DAY, baik mahasiswa maupun dosen didorong untuk mengenakan kostum kreatif untuk menunjukkan karakter uniknya masing-masing. Dalam acara sehari itu, kampus Syahdan akan terasa sangat berbeda dengan hari-hari biasa, di mana ide dan karya desain kreatif mendapatkan tempatnya yang layak.

 

Tujuan kegiatan ini adalah:

> Membangun atmosfir dan menciptakan lingkungan akademik yang kreatif dan berkarakter (unique),

> Menjadi kegiatan mahasiwa yang dinamis dan eksploratif, sekaligus menciptakan komunitas kreatif,

> Menumbuhkan sikap profesional, apresiasi, dan keberanian dalam unjuk karya,

> Dengan menunjukkan hasil karya mahasiswa dan dosen, diharapkan dapat menginspirasi dan meningkatkan motivasi mahasiswa dan dosen SoD,

> Membangun dan menumbuhkan kebersamaan, sikap menghargai dan mencintai bidang desain dan kreativitas,

> Menumbuh-kembangkan sikap dan pengalaman kewirausahaan di bidang desain (designpreneurship),

> Menjadi ruang bertukar informasi dan membangun dialog akademis,

 

Imagination Day di Kampus Syahdan Binus University pertama kali dilaksanakan tahun 2014. Imagination Day 2015 tentu tidak sekedar kegiatan rutin yang berulang-ulang setiap tahun, namun terus diupayakan selalu melahirkan keunikan yang berbeda. Salah satunya dengan menggabungkan antara lomba desain dan art & music performance.

 

(arifpsa)

 


Published at :
Written By
Arif PSA
LS | DKV Creative Advertising

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close