People Innovation Excellence

Gaya Ilustrasi Retro, Realis dan Fantasi

Desain yang bagus dan menarik sangat efektif untuk menarik perhatian pembaca. Image dalam bentuk ilustrasi menjadi pesona tersendiri, karena memiliki daya tarik seni rupa yang unik. Dan berikut ini adalah gambaran tentang berbagai jenis ilustrasi. Ilustrasi tradisional dimulai dengan menggambar, melukis, dan mengukir dalam media tradisional. Ini adalah bentuk seni yang diwujudkan dalam berbagai macam teknik, seperti Ilustrasi Block, Charcoal, tinta, Woodcut, cat air, Scientific, kolase, pensil, akrilik, dan sebagainya. Gaya ilustrasi juga dipengaruhi oleh berbagai jenis seni dan gerakan artistik.

 

Antik dan Retro

Gaya dari masa lalu menginspirasi ilustrasi vintage dan retro, biasanya dari awal 1900-an hingga 90-an. Gaya ini dapat digunakan untuk satu proyek tertentu yang terinspirasi oleh tema throwback untuk menangkap perasaan tertentu—misalnya, semangat ceria tahun 80-an atau keanggunan tahun 20-an yang menderu-deru. Ilustrator mungkin terinspirasi untuk membentuk gaya unik mereka seputar estetika era dari masa lalu.

Neil Stevens adalah seorang ilustrator yang telah sukses menciptakan gayanya dengan tema yang terinspirasi vintage. Malika Favre adalah artis digital terkenal lainnya yang gaya retronya digambarkan sebagai “Seni Pop bertemu OpArt.” Daya tarik seks tahun 50-an dan 60-an berpadu dengan minimalis kontemporer dalam karyanya untuk menciptakan ilustrasi terinspirasi retro yang tak tertahankan.

 

Realisme

Realis adalah gaya populer dalam ilustrasi digital modern. Ini berkisar dari materi pelajaran bergaya yang secara longgar mewakili realitas hingga fotorealisme dan hiperrealisme, yang bertujuan untuk merepresentasikan realitas dan bentuk manusia sedekat mungkin. Seniman berbakat ini dapat menangkap realitas baik melalui detail yang luar biasa, penggambaran emosi yang brilian, atau akurasi komposisi yang sempurna. Namun, banyak seni vektor realistik yang masih menyimpan sedikit sentuhan artistik dan stilisasi sambil tetap menyerupai aslinya.

 

Fantasy

Ilustrasi fantasi itu murung dan mempesona, hidup dengan mitologi, sihir, dongeng, legenda, dan fiksi ilmiah. Gaya ilustrasi ini terinspirasi oleh cerita dan menggambarkan adegan dan karakter supranatural. Biasanya cukup detail, melatih keterampilan luar biasa dari ilustrator imajinatif ini. Kedalaman detail yang dipadukan dengan suasana murung membenamkan pemirsa di dunia alternatif.

Ilustrasi fantasi umumnya digunakan dalam industri game, ilustrasi buku, dan industri film. Karya seni ini menangkap lanskap alien, dunia magis, dan makhluk dari segala jenis yang bisa dibayangkan, seringkali dalam konteks cerita fiksi.

Banyak ilustrasi fantasi yang gelap dan penuh aksi. Ambil contoh Bayard Wu – ilustrator profesional dan seniman konsep yang bekerja di industri game. Ilustrasi Orc Girls di bawah ini adalah contoh indah dari jenis makhluk, detail, aksi, dan cerita yang lazim dalam gaya seni ini.

Sumber:

https://www.vectornator.io/blog/illustration-styles/

Contoh2 ilustrasi diambil dari www.google.com

 


Published at :
Written By
Arif PSA
LS | DKV Creative Advertising

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close