People Innovation Excellence

CONTENT PILLAR

Seminggu ini ada berita apa yang sedang viral nih?

Saat ini, konten viral itu sudah terasa biasa saja ya, karena memang sudah banyak konten-konten yang bagus. Nah dalam artikel ini, kita kenalan dengan istilah Content Pillar. Content pillar ini yang kira-kira berada di belakang konten-konten yang menarik tadi.

Konten pilar (content pillar) merupakan rumusan dari sekumpulan topik yang menggambarkan sebuah brand atau projek dari bisnis. Content pillar adalah pilar topik yang dapat merepresentasikan nilai dan ciri khas dari suatu brand kepada audiens. Content pillar adalah kunci dari sebuah konten, yaitu berupa tema atau topik dasar yang nantinya akan menentukan artikel, videos, e-books, infographics atau blog. Fungsinya antara lain mempermudah Anda untuk lebih terorganisir, konsisten, dan tetap berada di “jalur cerita” sesuai tujuan dari objektif platform sosial media yang ingin Anda capai. Content pillar ini nantinya akan menjadi dasar dari setiap konten yang akan diproduksi dan dipublikasi.

Content pillar terdiri dari 4 pilar, yaitu:

Function pilar. Pilar ini akan menghasilkan konten yang membahas mengenai produk yang akan dijual, dalam kata lain akan berbentuk konten Penjualan.

Contoh dari konten ini seperti konten promosi.

 

Emotional pilar. Pilar ini akan menghasilkan konten yang bersifat emosional sehingga audiens dapat merasa engage atau merasa dekat dengan akun Anda.

Contohnya seperti konten games atau konten interaktif. Walaupun terasa tidak terlalu penting, emotional content sangatlah penting agar audiens merasa nyaman dengan konten yang dipublikasi.

 

Educative pilar. Pilar ini nantinya menghasilkan konten yang berisi insight atau informasi bermanfaat untuk audiens.

Contohnya adalah konten Tips and Tricks dan Infografis. Anda dapat menggunakan topik yang sesuai dengan industri bisnis anda.

 

Agile Pilar. Pilar ini nantinya akan menghasilkan konten yang mengikuti isu terkini yang terjadi di sekitar. Anda dapat mencari isu yang viral yang sedang terjadi dan menjadikannya sebagai konten untuk dipublikasi.

Contohnya membuat konten BTS Meal pada bulan Juni 2021. Tapi jangan lupa, ketika mengangkat topik yang sedang viral Anda harus membuat konten dari sudut pandang industri bisnis Anda.

 

Mulai sekarang, membuat konten tidak aal-asalan lagi ya, sudah ada rute yang bisa kalian praktekkan.

Sumber:

https://zahiraccounting.com/id/blog/konten-pilar-sosial-media/


Published at :
Written By
Arif PSA
LS | DKV Creative Advertising

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close