People Innovation Excellence

Color Grading menurut salah satu colorist film Indonesia

Mas Andhy Pulung adalah seorang editor dan Colorist film serta iklan di Indonesia, beliau juga beberapa kali menjadi guest lecture di Kampus Bina Nusantara di jurusan DKV advertising

menurut beliau mengutik dari article studio antelope

Perbedaan antara color correction dan color grading sebenarnya tidak terlalu membingungkan. Color correction merupakan tahap dimana seseorang menyeimbangkan warna-warna dasar, seperti hitam dan highlight. Lalu color correction juga berurusan dengan komposisi warna, seperti saturasi dan temperatur. Sedangkan, color grading lebih detil terhadap komponen-komponennya. Komponen utamanya merupakan ruang fotografi, dimana ada exposure dan sebagainya. Color grading juga berhubungan dengan ruang artistik yang dibantu dengan ambience dan elemen-elemennya dan juga detailing. Detailing contohnya adalah mengatur skintone.

Sebelum proses color correction dan color grading dimulai, pertama seorang Colorist harus mengetahui kapastias dari file yang akan ia edit. Untuk tahap pertama setelah mengetahui materi dasarnya, file akan melalui color correction dimana warna diseimbangkan. Yang paling penting adalah mengetahui film-time dari adegan. Dari situ baru file bisa masuk ke tahap color correction dan color grading yang lebih lanjut.

Saat ditanyakan mengenai belajar color grading, Mas Pulung menyarankan untuk memahami hal-hal dasar dari fotografi, seperti: exposure, speed, balance, white balance, dan sebagainya. Setelah itu seorang calon Colorist harus memiliki referensi yang banyak, dalam membuat gambar klasik maupun pop, jadi saat pembuatan gambar dibutuhkan, ia sudah memiliki tahu gambar itu seperti apa. Terakhir, harus mengetahui bahwa membuat gambar full color akan lebih gampang ketimbang membuat gambar fill color, memberikan unsur rasa itu lebih susah dan membutuhkan waktu.


Published at :
Written By
Inovensius Hugo Bima Wicaksana
Lecture Specialist S2 | Binus University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close