People Innovation Excellence

Success Story Campaign: Pocari Sweat “Bintang SMA 2019” by Laura Katrina

Pocari Sweat merupakan minuman sehat isotonik teknologi Jepang yang mengandung elektrolit untuk mengisi kembali air dan ion yang dibutuhkan oleh tubuh manusia ketika sedang beraktivitas, terutama saat sedang bekerja keras dan berkeringat. Pocari Sweat merupakan produk minuman yang sehat dan bermanfaat untuk tubuh manusia.

Kampanye Bintang SMA merupakan ajang pencarian bakat siswa dan siswi SMA Indonesia yang dilakukan secara online, yang pertama kali diadakan pada tahun 2019. Pemenang dari perlombaan ini akan menjadi bintang iklan dalam iklan Pocari Sweat Indonesia dan pergi ke Jepang untuk mendapatkan pelatihan profesional dan khusus, sekaligus direkam untuk iklan TVC Pocari Sweat. Juri untuk kampanye Bintang SMA 2019 adalah Ernest Prakasa, Gading Martin, Tasya Farasya, Rendy Pandugo dan Zee Zee Sahab. Pertama, siswa SMA dari seluruh Indonesia dapat mempost video mereka dengan menunjukkan bakat mereka secara online. Kemudian dari seluruh video yang disubmit akan dipilih 50 orang yang akan maju ke babak berikutnya, di mana pada tahap berikutnya akan dipilih 10 besar yang kemudian akan terus berlomba pada grand final. Grand final kampanye Bintang SMA diadakan di Gelora Bung Karno Hall A Basketball.

Kampanye ini dibarengi dengan kegiatan berupa kompetisi yang dimulai sejak tanggal 7-30 September 2019 dan telah disambut dengan positif oleh siswa SMA di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dengan adanya 12.000 submission video siswa SMA yang ikut serta dalam lomba. 10 finalis yang telah terpilih untuk maju ke babak terakhir akan mendapatkan dan diberikan pelatihan intensif pada workshop selama tiga hari guna mempersiapkan mereka dalam penampilan di malam grand final.

Konsep komunikasi yang digunakan oleh kampanye ini menggunakan gaya bahasa pelajar SMA. Hal ini dapat terlihat dari copy yang digunakan seperti “banyak temen”, “nilai ujianku juga lumayan sih.”, “mungkin dunia akan ku ubah”. Voice over dari iklan TVC ini juga disuarakan dengan suara usia anak SMA. Selain itu, animasi yang digambarkan juga anak SMA dengan kegiatan dan kesibukan sehari-hari. Dan bintang iklan pemenang program Bintang SMA yang berperan pada iklan Pocari Sweat adalah anak SMA (Nada Syakira Aisya, pemenang Bintang SMA 2019). Kampanye ini ingin menyampaikan komunikasi kepada anak muda agar terus menjadi kreatif dan percaya diri dalam menunjukkan bakat mereka.

Tingkat kesuksesan kampanye ini dapat dilihat dari jumlah viewers pada iklan TVC pertama yaitu 15,061,416 kali dan dengan 7,533 komentar. Pada iklan TVC Pocari Sweat “This is #BintangSMA 2019 Winner!”, jumlah viewers adalah 16,048,994 kali dengan 1,651 komentar. Yang mengikuti program Bintang SMA adalah 12.000 siswa dari seluruh Indonesia.
Dapat dilihat bahwa yang memberikan komentar TVC ini bukan saja orang Indonesia, namun juga orang-orang Jepang dan dari negara-negara lain. Warganet di Twitter pernah viral membahas siapa penggambar animasi iklan TVC Pocari Sweat Bintang SMA. Sejak tahun 2019, Pocari Sweat menjadi raja industry minuman isotonic di Indonesia sebesar 56,3% (menurut www.kontan.co.id). Pocari berhasil merauk Top Brand Award dalam 3 tahun terakhir.

Wow, seru kan!
Jangan lupa untuk mengikuti kisah-kisah sukses ad campaign lainnya di artikle mendatang.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close