People Innovation Excellence

Success Story Campaign: Webseries Smartfren #GengGaulGue” by Jessica

Pada tahun 2019, Smartfren meluncurkan produk baru yang menargetkan para kaum anak muda berupa Kartu Perdana Super 4G Kuota 5GB seharga Rp 12.500. Dalam upaya memasarkan produk ini, Smartfren pun melakukan pendekatan yang cukup kreatif yaitu membuat sebuah web series di Youtube. Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra mengungkapkan bahwa dikarenakan produk ini ditujukan untuk kaum anak muda, maka strategi komunikasi yang dilakukan pun harus berbeda dari biasanya. Dalam mengkomunikasikan produk ini, pihaknya pun akhirnya menggunakan web series sebagai sarana promosi sekaligus mengenalkan produk baru mereka. Web series ini diberi judul “Lady Giga” yang ditayangkan pada tanggal 23 Juli 2019.

Web series yang berjudul “Lady Giga” ini diperankan oleh Anya Geraldine, Adiba Abidzar, Arif Alfiansyah, Elizabeth Angela Lorenza, Coki Pardede, dan juga Tretan Muslim. Pemeran – pemeran yang terpilih ini dianggap sebagai pemeran yang paling dapat menggambarkan para generasi muda saat ini. Web series “Lady Giga” menceritakan tentang seorang siswi bernama Anya yang ingin menjadi terkenal dan menjadikan masa SMA nya menjadi masa terbaik dalam hidupnya. Anya bersama dengan teman – temannya bersekolah di SMA 5 Guna Bangsa yang disingkat menjadi SMA 5 GB. Cerita web series pun dimulai dengan mengenalkan setiap tokoh yaitu Anya sendiri dan juga teman – teman Anya yang bernama Maikel, Coki, Bray, Wara dan juga Wiri. Geng mereka pun disebut sebagai Geng Bel. Selanjutnya cerita pun berlanjut dengan menceritakan bahwa teman – temannya Anya memiki beberapa permasalahan seperti Bray yang seorang atlet e-sport tetapi tidak pernah terpilih sebagai perwakilan sekolah dikarenakan sering nge-lag,lalu Maikel yang tidak pernah dapat pacar karena chatnya tidak pernah dibalas padahal sebenarnya memang chat-nya saja tidak terkirim karena tidak punya kuota. Bagitu pun dengan serial-seriel berikutnya.

Tujuan Kampanye
Objektif dari Kampanya ini bertujuan untuk melakukan pengenalan sekaligus promosi produk baru Smartfren yaitu Kartu Perdana Super 4G Kuota 5GB seharga Rp 12.500 yang menargetkan para kaum anak muda yang cenderung memiliki sedikit uang jajan sehingga tidak bisa membeli kuota terlalu mahal. Padahal anak muda lah yang paling membutuhkan kuota banyak karena diantara semua kalangan usia, anak muda yang paling sering menggunakan sosial media.
Melalui kampanye web series ini diharapkan dapat menarik perhatian para kaum anak muda seperti contohnya anak sekolahan untuk membeli dan memakai kartu Smartfren yang murah dan juga hemat.

Cerita Sukses kampanya ini
Pada episode pertama web series “Lady Giga” di Youtube, episode ini mendapatkan total 4.780.774 views, 37K likers dan juga 3,572 comments sejak pertama kali ditayangkan. Web series ini tentu menarik perhatian para kaum anak muda dikarenakan pemeran – pemerannya yang cukup populer di kalangan anak muda seperti Anya Geraldine, Coki Pardede, Tretan Muslim, Elizabeth Angela Lorenza, Abidzar Al Ghifari dan juga Arif Alfiansyah. Komentar – komentar yang didapatkan dari penonton pun lucu – lucu dan beragam seperti “Berawal dari iklan, aku ketagihan nonton” “nah gini dong harusnya iklan yang kreatif, ada episodenya” dll.
Pada penayangan episode kedua, “Lady Giga” mendapatkan total 3,206,361 views, 20K likers, dan juga 3,240 comments. Sedangkan pada episode terakhir yaitu episode ketiga “Lady Giga” mendapatkan total 3,242,250 views, 18K likers, dan juga 2,493 comments. Dari total penayangan 3 episode, “Lady Giga” mendapatkan total 11.229.385 views, 75K likers, dan 9,305 comments.
5
Dalam upaya untuk mengenalkan dan mempromosikan produk baru mereka, mereka pun menyelipkannya kedalam skenario cerita web series seperti yang bisa lihat terdapat beberapa trivia tentang smartfren dalam beberapa scene seperti contohnya mereka menamakan nama sekolah dalam web series itu menjadi SMA 5 GUNA BANGSA yang disingkat menjadi SMA 5GB. 5GB disini pun merujuk kepada produk baru Smartfren yaitu Kartu Perdana Super 4G Kuota 5GB. Selain itu, saat scene Anya dan teman – temannya sedang duduk terdapat juga banner Smartfren yang terselip di dekat tembok seolah – olah itu merupakan banner biasa padahal banner tersebut sengaja diselipkan disana supaya para penonton dapat melihat informasi tentang produk baru Smartfren.
Untuk mengenalkan produk baru Smartfren yaitu Kartu Perdana Super 4G Kuota 5GB, produk baru diiklankan di ending episode 1 sehingga saat episode sudah mau berakhir, para pemeran pun mengenalkan produk kartu Smartfren dengan menjelaskan apa saja keuntungan yang didapatkan dari menggunakan kartu ini sehingga penonton tidak terlalu merasa terpaksa, tertekan, ataupun bosan saat menonton web series ini dikarenakan cerita diraup dengan plot yang lucu dan iklan pun tidak terlalu memaksa sehingga sambil menonton iklan ini, penonton juga bisa sambil refreshing dan tertawa terbahak – bahak dengan adegan – adegan lucu yang terdapat di web series ini.
Dikarenakan produk Smartfren sudah dikenalkan di episode 1, maka pada saat epsidoe 2 & 3 para pemeran pun lebih terang – terangan dalam mengenalkan produk Smartfren seperti menjelaskan keuntungan kartu Smartfren secara tersirat dalam plot ceritanya.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close