People Innovation Excellence

REDUCE YOUR CARBON FOOTPRINT

Initiatif Photography Project
Karya: Christina Lizal

Karena banyaknya produksi gas karbon dioksida (Co2) yang berlebihan sehingga terjadi efek rumah kaca kita dapat mengurangi pelepasan gas Co2 dengan cara mengurangi jejak karbon kita/ reduce your carbon footprint. Seperti yang dituliskan diatas gas karbon dioksida dihasilkan dari hasil pembakaran sampah atau limbah. Salah satu sampah yang sulit untuk terurai salah satunya adalah limbah plastik yang membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun hingga akhirnya terurai. Karena itu banyak sampah plastik yang dibakar sehingga menghasilkan gas Co2. Dengan kampanye “reduce your carbon footprint” akan dilakukan dengan cara reduce and reuse (mengurangi dan memakai Kembali). Semua kalangan dan umur dapat ikut turut serta dalam kampanye ini baik anak-anak, remaja, maupun dewasa tetapi para remaja dilaporkan merupakan pengguna plastik paling banyak dari umur 17-25 tahun. Karena itu saya berharap para remaja lebih banyak sadar akan gas karbon dioksida yang membahayakan bumi kita. Hal tersebut dapat dimulai dari dengan cara mengganti penggunaan plastik menjadi tote bag ataupun paper bag ramah lingkungan saat sedang keluar dan menggunakan tas berbahan canvas atau kain yang dapat dipakai Kembali saat sedang berbelanja. Dicatat oleh world research institute (WRI) Indonesia termasuk top 10 sebagai negara penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar tahun 2018 dan menduduki peringkat 8. Tercatat emisi gas rumah kaca yang dihasilkan Indonesia sebesar 965,3 MtCO2e atau setara dengan 2% emisi dunia. Akibatnya gletser abadi Puncak jaya, Papua ikut terkena dampaknya karena perubahan iklim dari kian memanasnya suhu planet ini. Maka alangkah baiknya kita sebagai remaja yang dilaporkan menggunakan plastik terbanyak sadar dan menyebarkan kesadaran untuk mengurangi jejak karbon dengan cara mengganti plastik dengan menggunakan tas tote bag ataupun tas lainnya yang ramah lingkungan dengan begitu kita mencegah dan mengurangi salah satu masalah yang dapat berdapak buruk terhadap Indonesia.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close