People Innovation Excellence

OCEAN POLLUTION YOUR FUTURE

Initiatif Photography Project
Karya: Cecilia Clara

Sampah plastik saat ini memang tidak habis-habisnya menjadi topik permasalahan di Dunia Internasional. Seperti yang kita tahu, sampah plastik adalah material bahan kimia yang tak terbarukan, sulit terurai, menimbulkan pencemaran, dan sangatlah jelas berdampak buruk terhadap lingkungan dan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Setelah melakukan research, saya menemukan sangat banyak sekali contoh nyata dari dampak buruk sampah plastik itu sendiri. Tak terhitung artikel yang memberitakan kematian hewan laut dan rusaknya biota laut akibat dari pencemaran air di lautan oleh sampah plastik. Tidak berhenti disitu, ternyata pencemaran plastik di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat karena belakangan ini, sektor industri minuman di Indonesia sedang meningkat dan bertumbuh pesat. Sumber daya perairan Indonesia yang kaya dan beragam tentunya mejadikan Indonesia sebagai salah satu pusat dari ekosistem laut dunia. Jika masalah ini terus berlanjut, dengan jumlah sampah plastik yang secara signifikan meningkat, apa yang akan terjadi? Tentunya akan berdampak pada sektor ekonomi Indonesia kedepannya, belum lagi lingkungan yang semakin tercemar serta hilangnya kehidupan laut yang merupakan salah satu sumber kehidupan kita. Hal ini berpotensial menjadi dampak buruk di masa depan kita serta menjadi resiko yang harus kita tanggung akibat ketidakbijakan perbuatan kita di masa sekarang. Tujuan utama dari campaign ini yaitu untuk menyindir gaya hidup masyarakat serta “menampar” kita sebagai manusia yang selama ini secara sadar maupun tak sadar telah berkontribusi dalam menyumbang sampah plastik ke lautan akibat dari ketidakbijakan kita dalam menggunakan dan mengolahnya, sekaligus mengingatkan bahwa baik buruknya sesuatu yang terjadi di masa yang akan datang serta apa yang nantinya akan dirasakan anak cucu kita adalah akibat dari apa yang kita lakukan sekarang. Semoga campaign ini juga membantu mendorong perubahan perilaku dan gaya hidup masyarakat agar lebih sadar dalam menjalani hidup, melihat lingkungan sekitar, berprinsip lebih ramah lingkungan dan lebih bijak dalam penggunaan plastik sekali pakai yang menjadi sumber permasalahan pencemaran laut ini.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close