People Innovation Excellence

CITY RUINS

Initiatif Photography Project
Karya: Andreas Samuel

Setiap rumah tangga pasti memiliki berbagai macam barang elektronik. Setiap tahunnya, banyak dari kita yang memutuskan untuk membeli barang elektronik baru baik itu televisi, handphone, mesin pembuat kopi, kulkas…dan lainnya. Alhasil, semakin banyak barang elektronik yang rusak, tidak dipakai, atau bahkan dibuang begitu saja ke tong sampah. Komponen yang dimiliki barang-barang elektronik mengandung banyak material beracun yang dapat berdampak buruk bagi manusia maupun terhadap ekosistem (alam). Baik itu pencemaran terhadap udara, air, tanah, bahkan sampai menyebabkan kerusakan organ tubuh manusia. Permintaan (demand) dan pemakaian barang elektornik yang begitu banyak di rumah tangga, dapat menyebabkan masalah bagi lingkungan jika tidak di daur ulang dengan baik. Permasalahan e-waste atau limbah elektronik ini menjadi masalah besar yang harus segera diatas oleh pemerintah. Tidak hanya pemerintah, tapi kita sebagai masyarakat Indonesia harus berkontribusi untuk mengurangi limbah elektornik yang semakin menumpuk. Masalah e-waste ini menjadi masalah kritis karena berdasarkan metode Material Flow Analysis (MFA), akumulas limbah elektornik yang dihasilkan dari rumah tangga di Indonesia pada tahun 2025 dapat mencapai 622.000 ton. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa rata-rata laju pertumbuhan e-waste di Indonesia adalah 14,91% setiap tahunnya. Potensi pertumbuhan sampah elektronik ini harus didukung dengan pengolahan limbah elektronik yang tepat guna untuk mencegah potensi pencemaran lingkungan yang lebih parah.


Published at :
Written By
Latif
SCC | DKV CA

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close