People Innovation Excellence
 

PHILLIPS HANSMAN

Bedah koleksi buku yang menurutku menarik salah satunya “Library of Photography” yang seri “The Studio”, keseluruhannya ada 16 seri (menurut teman) dan saya hanya punya 8 seri. Buku ini diterbitkan th 1971 kemudian dicetak ulang th 1973 oleh penerbit yang sama yaitu Time-Life. Tebal buku 236 halaman dengan hard cover duo tone (bg silver ilustrasi hitam).

 

Menariknya dari buku ini adalah mengenai paparan yang lumayan detil dan disertai perjalanan kesejarahannya, meskipun sewaktu membahas teknikal tak kalah menarik untuk ukuran di masanya. Contoh foto yang ditampilkan karya dari master2 legend, seperti Philippe Halsman, Richard Avedon, Arnold Newman, Irving Penn dll. Para master tersebut memotret tokoh2 dunia baik dari politik, seni rupa dan Seni hiburan yang sangat ikonik dan tak asing bagi mata kita.

 

Salah satunya karya Philipe Hansman dengan “Dali Atomicus (1948)”. Karyanya tidak hanya ditampilkan secara visual saja tetapi disertai dengan proses kreatif pemotretannya. Forografer yang juga teman karib sang seniman (Salvador Dali) melakukan konsep pemotretan atas inisiatif Dali. Proses pemotretatan dilakukan selama 6 jam dengan 26 kali eksplorasi untuk mendapatkan potrait Dali yang surealistik.

 

Begitu juga landasan kreatif Richard Avedon dalam memotret Shopia Loren (1970) yang blur (shake) dengan double exposure. Sepintas memang buku ini seperti buku fotografi yang sangat teknikal akan tetapi cara memaparkannya lumayan mendalam hingga masuk ke ranah konsep kreatif di balik pengambilan foto tersebut.

Salam fotografi kawanz!

 


Published at :
Written By
Lateevhaq
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close