Produk, entitas atau juga disebut brand dimulai dari beragam cerita. Sangat menarik. Saat memberi pelatihan desain kemasan lantas bukan serta merta saya meminta para peserta mendesain kemasannya. Tentu saja, karena mereka pengusaha bukan desainer grafis. Tapi saya yakin kelak mereka akan tumbuh bersama cerita-cerita yang baru.
Sungguh disaat mereka membangun cerita, mereka harus menguras memorinya bahkan air mata pun auto ngalir. Saya semakin yakin, bahwa disaat mereka mengungkap kisahnya memulai usaha memabangun brand, mereka menyisipkan doa, cita-cita, kekecewaan, harapan akan anak-anaknya atau orang-orang di sekitarnya, bahkan Indonesia yang lebih baik.
Inilah satu cara membangkitkan kemampuan mereka menulis Creative Brief untuk salah satu rencana branding mereka dalam mendevelop “Desain Kemasan”, agar para desainer mudah terinspirasi, hingga lebih mudah membuat strategi visualnya.
Terima kasih Dinas Perindustrian DKI Jakarta atas kesempatannya berbagi. Terima kasih Mbak
Iwul Rijanto
dan Mbak Nova dari “Suwe Ora Jamu”, terima kasih sahabat UKM, Andalah inspirasi saya.