People Innovation Excellence

RELATION OF SHOT (EDITING VIDEO)

Dalam sebuah adegan pada film, video iklan, video music dll, setiap shotnya memilki relasi antara satu shot dengan shot yang lainnya. ini bertujuan agar supaya alur dan skenario dalam cerita sesuai dengan adegan-adegan yang direkam, sehingga bisa menjadi satu kesatuan cerita yang utuh, yang didalamnya terdapat scene dan sequance.

Ada 6 relasi antar shot yang harus kita pahami agar mudah dalam melakukan editing, yaitu:

Ritme eksternal : yaitu ritme yang dihasilkan oleh persambungan 2 shot atau lebih terjadi ketika ada sambungan dan dipengaruhi oleh durasi shot (panjang pendeknya shot)

Ritme internal : yaitu ritme yang ada di dalam setiap shot itu sendiri terjadi di setiap shot karena di setiap shot itu ada

Dimensi Temporal (Waktu) : Waktu dalam film merupakan salah satu aspek yang tersulit, sebab banyak pembuat film yang seringkali luput dalam mengelola waktu, misalnya film Janji Joni yang memiliki kesalahan dalam menyelaraskan antara waktu yang dilalui dengan peristiwa-peristiwa yang menimpa tokoh

Dimensi Grafis : Setiap pembuat film cenderung akan mengolah grafis ini secara berkesinambungan (graphical continuity) ataupun terpadu (graphical match) bahkan bila unsur-unsur tersebut saling berlawanan (graphic contrast).

Dimensi Spatial (Ruang)  : Film adalah media yang paling efektif dalam menciptakan ruang yang sesuai dengan yang ingin dibentuk oleh pembuat filmnya, melalui hubungan pada Ruang Dalam Realita dengan Ruang Dalam Film (ruang buatan/artifisial).

Dimensi Ritmis : Sebuah shot yang disambung dengan shot lain pasti akan membentuk sebuah hubungan ritmis (ritme). Misalnya pembuat film cenderung akan memotong sebuah shot karena sebuah gerak subyek atau kamera berhenti


Published at :
Written By
Octavianus Frans
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close