People Innovation Excellence
 

SMARTPHONE as a tool (Photography)

Dari pengamatan saya melalu berita, dan beberapa jurnal yang saya baca, pada perkembangan teknologi sekarang ini sudah semakin berkembang dengan pesat, sesuai dengan perkembangan zaman, kebutuhan teknologi merupakan salah satu kebutuhan penting saat ini, salah satu bentuk teknologi yang saat ini beredar adalah smartphone atau ponsel pintar. Saat ini, kita sangat mudah menemukan orang yang aktif menggunakan gadget atau piranti komunikasi canggih di segala tempat. Dengan mudah pula, kita menemukan penggunaan itu bukan semestinya. Banyak orang menggunakan smartphone untuk sekadar menampilkan eksistensi diri, gengsi, atau ikut-ikutan mode. Maka, sangatlah disayangkan jika piranti komunikasi tersebut hanya digunakan untuk sekadar konsumtif dan tidak menunjang profesinya. Kamera smartphone telah menjadi kawan dari orang beragam profesi. Mulai dari pelajar, karyawan, aparat keamanan, pekerja teknik, sekretaris, wartawan sudah banyak yang merasakan manfaat kamera smartphone. Seseorang bisa mendokumentasikan suatu gambar, peristiwa dan sebagainya dan dengan mudah berbagi dan mengirimkannya kepada orang lain. Dengan hasil foto dari kamera smartphone orang bisa dengan jelas bercerita tentang sesuatu.
Eksistensi dari kamera smartphone menjadi tidak lagi eksklusif, artinya siapapun, di manapun dan kapanpun bisa memotret sesuatu. Hal ini terjadi karena kita tidak lagi harus membeli kamera dengan harga yang tinggi ,dengan mudah bisa didapatkan oleh siapapun. Tak perlu ribut menggunakan film negatif, membawa kamera yang berat, hanya dengan ponsel pintar yang kita miliki, maka kini kita bisa mendokumentasikan sesuatu, secara garis besar apa yang saya temukan di lapangan mengenai fungsi dasar dari gadget adalah :
• Alat komunikasi
• Mencari informasi untuk pembelajaran
• Mendokumentasikan (Foto dan Video)
Dalam ide kali ini, saya mencoba merubah sudut pandang saya mengenai gadget tersebut, dimana saya mengangkat salah satu fungsi dari smartphone sebagai medium yang bisa menjadi alat dalam berkarya melalui fotografi dan video dan bukan sebagai tampilan untuk eksistensi dan gengsi. Selain itu, alasan saya menjadikan point penting dalam projek kali ini adalah karena fasilitas kamera pada smartphone sudah menjadi bagian terpenting saya pada kehidupan sehari-hari dalam berkarya terutama melalui salah satu media sosial yaitu “Instagram” . Sudah lumayan banyak karya eksperiment foto dan video yang sudah saya buat, berikut dibawah adalah beberapa karya saya :

 

 

Semua karya foto diatas adalah hasil dari menggunakan kamera smartphone yang saya gunakan, dengan sedikit olah digital menggunakan aplikasi gratis dari android.

 


Published at :
Written By
Octavianus Frans
Lecturer
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close