People Innovation Excellence
 

Jejepangan Bikin Iri

(merenung di pinggir trotoar melawai)

Sore ini janjian nyetrit tipis dengan mas Roy Genggam  di Blok M Square, sayang mas roy terjebak macet parah, dan akhirnya meluncur sendiri di acara “Jejepangan”.

Pengunjung bembludak, meskipun tanpa event sekalipun…Blok M Square memang ramai. Tapi ini beda, yang berkerumun disitu memang mau menghadiri acara “Jejepangan”, sebagian besar anak muda.

Dari panggung musik, menampilkan grup band membawakan lagu sountrack Anime Jepang populer. Kaum milenial antusias mengikuti lagu dengan fasih. Banyak tenda menjual produk merchandising IP karakter anime/manga Jepang. Salah satu perbankan Jepang turut mempromosikan produknya melalui beberapa cosplayer cantik.

Sambil duduk termenung, bingung mencerna kondisi semacam ini. Produk industri kreatif Jepang sangat legit dan masyur dikonsumsi kaum milenial kita. Usaha Jepang melalui gerakan “Japan Cool” telah berbuah manis dan lebat. Unek2 yang saya pikirkan bukan masalah cinta atau tidak cinta produk asing atau lokal, tetapi efek ekonomi yang dahsyat belum menyelimuti dunia kreatif kita melalui konten lokal.

Industri kreatif kita masih banyak sekali PR baik dari ekosistem, infrastruktur, regulasi hingga pasar. Tetapi kita tetap harus bertekad dan pantang mundur ikut serta menggerakkan industri kreatif kita melalui konten lokal mulai dari hal yang paling kecil.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close