Jejepangan Bikin Iri
(merenung di pinggir trotoar melawai)
Sore ini janjian nyetrit tipis dengan mas Roy Genggam di Blok M Square, sayang mas roy terjebak macet parah, dan akhirnya meluncur sendiri di acara “Jejepangan”.
Pengunjung bembludak, meskipun tanpa event sekalipun…Blok M Square memang ramai. Tapi ini beda, yang berkerumun disitu memang mau menghadiri acara “Jejepangan”, sebagian besar anak muda.
Dari panggung musik, menampilkan grup band membawakan lagu sountrack Anime Jepang populer. Kaum milenial antusias mengikuti lagu dengan fasih. Banyak tenda menjual produk merchandising IP karakter anime/manga Jepang. Salah satu perbankan Jepang turut mempromosikan produknya melalui beberapa cosplayer cantik.
Sambil duduk termenung, bingung mencerna kondisi semacam ini. Produk industri kreatif Jepang sangat legit dan masyur dikonsumsi kaum milenial kita. Usaha Jepang melalui gerakan “Japan Cool” telah berbuah manis dan lebat. Unek2 yang saya pikirkan bukan masalah cinta atau tidak cinta produk asing atau lokal, tetapi efek ekonomi yang dahsyat belum menyelimuti dunia kreatif kita melalui konten lokal.
Industri kreatif kita masih banyak sekali PR baik dari ekosistem, infrastruktur, regulasi hingga pasar. Tetapi kita tetap harus bertekad dan pantang mundur ikut serta menggerakkan industri kreatif kita melalui konten lokal mulai dari hal yang paling kecil.
Published at :